Typhoon Inggris Intersep 2 Pesawat Pembom Tu-160 Rusia di Atas Laut Utara

Angkatan Udara Inggris (RAF) segera menerbangkan pesawat tempur Eurofighter Typhoon setelah mendapat laporan aktivitas pesawat pembom jarak jauh Rusia Tu-160 Blackjacks di dekat wilayahnya.

Pembom Tu-160 diketahui terbang di atas Laut Utara dengan posisi mendekati ruang udara Inggris.

Pihak AU Inggris mengatakan bahwa pada 29 Maret 2019, pesawat tempur Typhoon segera diterbangkan (scrambled) dari RAF Lossiemouth. Bersamaan dengan RAF Voyager dari Brize Norton, kedua pesawat langsung memonitor dua pembom Blackjacks yang mendekati ruang udara Inggris.

AU Inggris bekerja erat dengan NATO untuk memantau pesawat Rusia saat melewati berbagai ruang udara internasional sebelum dicegat di Laut Utara.

Typhoon kemudian mengawal kedua pembom dari ruang Inggris dan memastikan bahwa kedua Tu-160 itu tidak memasuki ruang udara kedaulatan Inggris lagi.

“Pilot-pilot RAF telah menunjukkan kembali bahwa kami siap menanggapi ancaman apa pun terhadap Inggris. Bersama NATO, kami harus tetap waspada dan sadar akan aktivitas militer Rusia,” ujar Menhan Inggris Gavin Williamson.

AU Inggris secara rutin melakukan identifikasi, intersep, dan mengawal pesawat-pesawat Rusia yang melaksanakan peralihan (transit) ruang udara internasional dan berdekatan dengan wilayah Inggris.

Kejadian ini yang kedua di minggu ini dimana pesawat AU Inggris mengidentifikasi pesawat Rusia.

Sebagai referensi, pembom Tu-160 Blackjack mampu membawa rudal jelajah strategis Kh-55MS, yang dikenal Barat sebagai AS-15 Kent.

Sebanyak 12 rudal Kh-55MS dapat dibawa pembom ini, dengan enam di setiap ruang muat.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: