Kapal Induk USS Dwight D. Eisenhower Kembali Melaut Setelah 18 Bulan Pemeliharaan

Kapal induk nuklir Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS) kelas Nimitz, USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69) kembali melaut pada 28 Maret 2019.

Kapal induk ini kembali melaut setelah menyelesaikan rencana peningkatan ketersediaan yang direncanakan (PIA) yang dimulai pada paruh kedua 2017.

Selama pemeliharaan (overhaul), Dwight D. Eisenhower menerima sejumlah upgrade termasuk Unmanned Aviation Warfare Center (UAWC) berbasis di kapal induk.

Ike (julukan USS Dwight D. Eisenhower) adalah kapal induk pertama yang dilengkapi ruang untuk UAWC yang akan memungkinkannya mengoperasikan MQ-25 Stingray, pesawat pengisian bahan bakar tak berawak pertama berbasis kapal induk.

USS Dwight D. Eisenhower saat ini sedang melakukan uji coba laut di lepas pantai Virginia bersama para teknisi dan karyawan galangan kapal Norfolk Naval Shipyard (NNSY). Banyak sistem diuji termasuk sistem katapel.

Setelah kembali dari uji coba ini, kapal induk ini akan menandai transisi ke fase dasar Optimized Fleet Response Plan (OFRP).

Carrier Strike Group (CSG) 10 atau USS Dwight D. Eisenhower Carrier Strike Group, terdiri dari sejumlah kapal perang.

Yaitu USS Dwight D, Eisenhower (CVN 69), penjelajah USS Monterey (CG 61), USS San Jacinto (CG 56), dan USS Vella Gulf (CG 72); Destroyer Squadron (DESRON) 26 serta Carrier Air Wing (CVW) 3.

USS Dwight D. Eisenhower (CVN-69) adalah kapal induk bertenaga nuklir yang dioperasikan AL AS.

Ditugaskan sejak 1977, CVN-69 adalah kapal induk kedua dari 10 kapal di Nimitz class.

CVN-69 adalah kapal induk pertama diberi nama setelah Presiden AS ke-34 Dwight D. Eisenhower. Awalnya kapal ini dinamakan simpel yaitu USS Eisenhower, seperti lazimnya kapal di kelas Nimitz.

Namun nama itu diganti menjadi seperti sekarang sejak 25 Mei 1970. Kapal induk ini dibangun di Newport News Shipbuilding Company di Virginia. Dalam rentang pengabdiannya, USS Dwight D, Eisenhower sudah dua kali menjalani pemeliharaan agar tetap sesuai standar kapal operasional.

Sejak berdinas, USS Dwight D. Eisenhower sudah berkali-kali dikirim ke medan perang. Mulai dari Operasi Eagle Claw tahun 1980, Perang Teluk 1990, dan operasi militer AS lainnya seperti di Irak Afghanistran.

Kapal induk USS Dwight D. Eisenhower saat ini menjadi kapal utama di Carrier Strike Group 10.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: