Anggaran Turun untuk 23 Helikopter Kepresidenan Marine One, Tapi Masalah Belum Hilang

Angkatan Laut AS (USN) berhasil memotong biaya akuisisi untuk helikopter kepresidenan Sikorsky VH-92A terbaru yang diusulkan, tetapi masih perlu menyelesaikan sejumlah masalah operasional.

Sikorsky/Lockheed Martin VH-92 adalah helikopter kepresidenan Amerika Serikat untuk menggantikan armada United State Marine Corps Marine One. Pesawat ini adalah versi militer dari Sikorsky S-92.

“Perkiraan biaya akuisisi untuk Program Penggantian Helikopter Kepresidenan (dikenal sebagai VH-92A) telah turun dari 5,18 miliar dolar AS menjadi 4,95 miliar dolar untuk 23 helikopter baru, sejak program dimulai April 2014 … program tetap dalam jadwal yang sudah direncanakan,” bunyi laporan Government Accountability Office (GAO).

Kontraktor mengaitkan penurunan anggaran dengan beberapa faktor. Yaitu persyaratan stabil, sejumlah kecil perubahan desain, dan efisiensi program.

Helikopter kepresidenan VH-92A pertama sudah melaksanakan penerbangan perdana pada 28 Juli 2017, di fasilitas uji Sikorsky di Stratford Connecticut.

Lalu pada 22 September 2018, VH-92 melaksanakan uji penerbangan di Gedung Putih. Saat itu dilaksanakan uji lepas landas dan mendarat di tempat yang biasa digunakan Marine One.

Pada Mei 2014, Sikorsky menerima kontrak 1,24 miliar dolar AS untuk membangun varian S-92 bagi kepentingan helikopter kepresidenan AS.

Enam dari varian, diberi kode VH-92A, telah dipesan Angkatan Laut AS untuk pengiriman pada 2017. Produksi sebanyak 17 heli selanjutnya direncanakan akan dimulai pada 2020.

Total biaya program sesuai anggaran 2015 sebesar 4,718 miliar dolar untuk 23 helikopter kepresiden, dengan biaya rata-rata 205 juta per heli.

Pada Juli 2016, desain heli ini lulus Critical Design Review yang menjelaskannya siap untuk produksi.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: