Yunani Akan Beli 3 UAV Canggih General Atomics MQ-9 Reaper, Penjaga Laut Aegea

MYLESAT.COM –  Kementerian Pertahanan Yunani dilaporkan telah setuju untuk membeli tiga pesawat tak awak (UAV) MQ-9 Reaper buatan Amerika Serikat.

Yunani membutuhkan Reaper guna meningkatkan kemampuan pertahanannya dan meningkatkan kemampuan pengintaian di Laut Aegea.

Menurut sebuah laporan, Rabu (24/4/2019), kesepakatan itu diperkirakan bernilai 50 juta euro, mencakup pembelian tiga General Atomics MQ-9 Reaper “Predator B” dan pembangunan dua stasiun kontrol darat .

MQ-9 adalah UAV jenis pemburu-pembunuh (hunter-killer) pertama yang dirancang mampu terbang lama, dan mengintai di ketinggian tinggi.

Dengan ukuran lebih besar, Reaper juga lebih berat dan lebih mumpuni dibanding MQ-1 Predator.

MQ-9 Reaper menggunakan mesin turboprop 950-shaft-tenaga kuda (712 kW).

Kekuatan lebih besar memungkinkan Reaper untuk membawa muatan persenjataan 15 kali lebih banyak dengan kecepatan sekitar tiga kali kecepatan MQ-1.

Operasional MQ-9 Reaper dimonitor dan dikendalikan oleh kru di Ground Control Station.

MQ-9 adalah UAV pemburu-pembunuh pertama yang dirancang untuk beroperasi dalam waktu lama di ketinggian tinggi.

Pada 2006, KSAU AS Jenderal T. Michael Moseley mengatakan keinginannya mengoperasikan UAV bersenjata.

“Kami telah beralih menggunakan UAV terutama dalam peran intelijen, pengawasan, dan pengintaian sebelum Operation Iraqi Freedom, menjadi pemburu-pembunuh sejati oleh Reaper,” ujarnya.

Tercatat pada 2016, AU AS mengoperasikan setidaknya 195 MQ-9 Reaper. AS berencana mempertahankan MQ-9 hingga tahun 2030.

India akan menjadi salah satu pengguna MQ-9 melalui pesanannya pada Juni 2017. Kemenlu AS menyetujui penjualan of 22 UAV kepada India dengan nilai kontrak sekitar 2-3 miliar dolar AS.

Terakhir adalah Belgia, yang pada Maret 2019 ini mendapat restu pembelian empat MQ-9B SkyGuardian senilai 600 juta dolar AS.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: