Saling Unjuk Gigi, China Gelar Latihan Serangan Udara saat Kapal Induk AS Juga Berlatih

0

MYLESAT.COM – Sementara dua kapal induk Angkatan Laut AS tengah melaksanakan latihan di Laut China Selatan pekan lalu, jet Angkatan Udara China (PLAAF) tak mau kalah juga menggelar latihan serangan antikapal dalam jarak yang berdekatan.

Selama berminggu-minggu, beberapa kapal induk AS telah melakukan latihan di perairan dekat China, termasuk di Laut Filipina dan Laut China Selatan.

Namun, pekan lalu, pasukan China memutuskan untuk melakukan latihan sendiri, mengadakan latihan tembakan langsung di mana jet tempur PLAAF berlatih melakukan serangan terhadap kapal perang musuh di wilayah tersebut.

Latihan melibatkan pesawat tempur angkatan laut JH-7A dan J-16B, yang menembakkan lebih dari 3.000 rudal seperti dikutip Global Times mengutip Radio Nasional China. Latihan dilaksanakan pada 15 dan 16 Juli.

Selain operasi penerbangan oleh kapal induk Angkatan Laut AS USS Nimitz dan USS Ronald Reagan, kapal perusak USS Ralph Johnson melakukan tindakan yang lebih provokatif pada 14 Juli, sehari sebelum latihan China dimulai.

Kapal perang itu berlayar di perairan sekitar Kepulauan Spratly, yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya, dalam upaya yang disengaja untuk mencemooh klaim China.

“Insiden yang terjadi ribuan mil jauhnya dari AS dan di depan pintu China, sekali lagi membuktikan bahwa AS adalah pendorong nyata militerisasi di Laut China Selatan, dan China dipaksa mengambil tindakan balasan untuk menjaga kedaulatan dan teritorial nasionalnya,” ungkap pakar militer China yang tidak disebutkan namanya.

“Jika provokasi militer AS di Laut China Selatan tetap ada, China tidak memiliki pilihan selain melakukan lebih banyak latihan dan mengerahkan lebih banyak kapal perang dan pesawat tempur di Laut China Selatan, sejauh menetapkan kemungkinan zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ ),” katanya.

Media Hong Kong melaporkan bahwa pesawat JH-7A dan J-11B terbang dari landasan di Pulau Yongxing yang dikenal juga sebagai Pulau Woody.

Komentator militer di Hong Kong, Song Zhongping mengatakan bahwa latihan angkatan laut skala besar di Laut China Selatan, akan menjadi kegiatan rutin saat ketegangan meningkat antara China dan AS.

JH-7A adalah pesawat yang sepenuhnya dibuat di China oleh Xi’an Aircraft Industry Corporation sebagai pesawat serang supersonik jarak jauh yang serupa dengan F-111 Aardvark.

J-16B adalah modifikasi dari J-11 untuk menggantikan JH-7A, yang setara menghadapi pesawat pencegat Barat. J-11 didasarkan dari pesawat Sukhoi Su-27 Rusia.

Share.

About Author

Leave A Reply