Secara Bersamaan, Pembom Strategis B-1 dan B-2 AU AS Gelar Latihan di Kawasan Indo-Pasifik

0

MYLESAT.COM – Ini tidak main-main, bisa jadi ancaman serius dari Angkatan Udara AS (USAF).

Dua pesawat pembom strategis AU AS yaitu pembom supersonik B-1B Lancer dan pembom siluman B-2 Spirit, melakukan dua misi secara bersamaan di wilayah Indo-Pasifik selama 24 jam.

Misi ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus 2020.

Misi BTF Bomber Task Force (BTF) melibatkan empat B-1B, dua B-2, dan empat jet tempur F-15C Eagle yang melakukan misi dengan mitra gabungan dan sekutu di Kawasan.

Misi ini tidak lain sebagai cara AS menunjukkan kekuatan udaranya.

Tampilan pertama kekuatan udara datang ketika dua B-1 dari Ellsworth Air Force Base, South Dakota lepas landas dari Ellsworth dan terbang ke Laut Jepang.

Sesampai di sana, mereka berintegrasi dengan Koku Jieitai atau Japan Air Self-Defense Force (JASDF), dan selanjutnya memperkuat hubungan dengan berlatih bersama.

“Koku-Jieitai telah berpartisipasi dalam pelatihan bilateral secara terus menerus, dan saya yakin bahwa upaya kami menghasilkan penguatan Aliansi dan kemitraan antara Jepang dan AS,” kata Letjen JASDF Shunji Izutsu, komandan Komando Pertahanan Udara.

Sementara dua B-1 sedang dalam perjalanan ke Laut Jepang, satu set dua B-1 lainnya lepas landas dari Andersen AFB, Guam.

Selain dua set misi pembom, empat F-15C Eagle dari Kadena Air Base, Jepang, juga menuju ke Laut Jepang untuk bergabung dengan empat B-1, kapal induk USS Ronald Reagan, F-35 Lightning II yang ditugaskan ke Marine Corps Air Station (MCAS) Iwakuni, Jepang, dan pesawat F-15J dari JASDF untuk melakukan latihan besar.

Setelah menyelesaikan integrasi dan pelatihan, pesawat tempur kembali ke Kadena sementara empat B-1 kembali ke pangkalan mereka di South Dakota.

Saat integrasi dan latihan terjadi di Laut Jepang, dua B-2 Spirit dari Pangkalan Angkatan Udara Whiteman, Missouri yang saat ini dikerahkan ke Diego Garcia menunjukkan kemampuan unik mereka sendiri di teater.

Di Samudra Hindia, B-2 melakukan latihan taktik interoperabilitas bersama sebelum kembali ke Diego Garcia.

Menurut Pacific Air Forces (PACAF), BTF secara rutin melakukan operasi untuk menunjukkan komitmen Amerika Serikat kepada sekutu dan mitra di wilayah tanggung jawab Indo-Pasifik.

Share.

About Author

Leave A Reply