Tiba di JRTC Fort Polk, Brigif Para Raider 18 Divif 2 Kostrad Laksanakan Latihan Fisik Bersama US Army

0

MYLESAT.COM – Dalam rangka menyiapkan kemampuan fisik dan keterampilan dalam menghadapi Latihan JRTC bersama Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army), prajurit Brigade Infanteri (Brigif) Para Raider 18 Divif 2 Kostrad yang tergabung dalam Kompi Kontingen Indonesia, melaksanakan pembinaan fisik bersama prajurit US Army di Fort Polk, Alexandria, Jumat (2/10).

JRTC (Joint Readiness Training Center) atau Pusat Pelatihan Kesiapan Bersama US Army berada di Fort Polk.

Fasilitas latihan di Fort Polk ini adalah salah satu dari tiga pusat pelatihan tempur, selain Pusat Kesiapan Multinasional Bersama (Joint Multinational Readiness Center) dan Pusat Pelatihan Nasional (National Training Center).

Ketiga pusat pelatihan tersebut, bersama dengan Program Pelatihan Komando Misi (Mission Command Training Program), berada di bawah Program Pusat Pelatihan Tempur Angkatan Darat AS (US Army’s Combat Training Center Program).

Dalam latihan Jumat lalu, dilakukan untuk melatih fisik dan stamina prajurit. Salah satunya melalui program Physical Training yang terdiri dar ibeberapa materi.

Di antaranya Senam Kerja, Lari Keliling, Push up, Sit up yang kesemuanya tetap mengedepankan protokol kesehatan yaitu melaksanakan physical distancing dan menggunakan masker.

Komandan Kompi (Danki) Latihan kontingen Indonesia Lettu Inf Wihelmus Raditya Pradana Guru menyampaikan, latihan tersebut merupakan program rutin dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kekuatan fisik prajurit sekaligus kesiapan dalam menghadapi Latihan JRTC.

JRTC berfokus pada peningkatan kesiapan unit dengan memberikan pelatihan senjata yang sangat realistis, penuh tekanan, bersama dan gabungan dari seluruh spektrum konflik (saat ini dan masa depan).

Sebagai pusat pelatihan, JRTC melatih pasukan multi-komponen.

Mereka adalah sekitar sepertiga dari Brigade Combat Teams, National Guard and Reserve, dan unit pendukung rotasi terkait menjalani pelatihan paling realistis dan relevan di Angkatan Darat AS.

Pada tahun 1993, JRTC dipindahkan dari Fort Chaffee, Arkansas, ke Fort Polk. Pusat pelatihan ini dikukuhkan untuk mempersiapkan prajurit menghadapi konflik.

Setiap tahun, JRTC biasanya melakukan beberapa rotasi untuk unit yang akan ditempatkan.

Selama 1990-an, prajurit yang bermarkas di Fort Polk dikirim ke Haiti, Asia Barat Daya, Suriname, Panama, Bosnia, dan lokasi lainnya.

Share.

About Author

Leave A Reply