Tua-Tua Keladi, Yonarhanud 16 Kostrad Lakukan Uji Tembak Meriam S-60 57mm

0

MYLESAT.COM – Prajurit Yonarhanud 16 Kostrad melaksanakan uji tembak 12 pucuk meriam S-60 kaliber 57mm/TAKT (Tanpa Alat Kendali Tembak). Pelaksanaan uji tembak dipimpin Kabengpuspal Puspalad Kolonel Cpl Octavianus Oskar E, S.I.P. didampingi Danyon Arhanud 16 Kostrad Mayor Arh Drian Priyambodo, Selasa (27/10).

Uji tembak dilaksanakan di lapangan tembak Sangkeang 300 Zipur 8/SMG Sulawesi Selatan Kodam XIV/Hasanuddin.

Kegiatan uji tembak dilakukan setelah perbaikan terhadap meriam terutama pada sistem bogi dan hidrolik. Uji tembak ini dihadiri oleh Dirbinsen Pussen Arhanud TNI AD Brigjen TNI Dedi Solihin.

Dalam pengarahanya, Dirbinsen Pussen Arhanud mengatakan bahwa modernisasi alutsista Arhanud akan terus dilakukan guna mendukung pelaksanaan tugas Arhanud dalam menjaga NKRI, hal itu juga harus didukung dengan SDM yang unggul dan profesional.

Selain bentuk sinergitas antara TNI dengan instansi lainnya, untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan, panitia penembakan turut mengundang tim pemadam kebakaran Kabupaten Maros.

Meriam S-60 57mm divuat oleh Uni Soviet (Rusia) sejak 1950. Meriam ini sendiri mulai memperkuat TNI AD sejak era Operasi Trikora tahun 1962.

Meriam tua ini sudah mengalami modernisasi untuk memudahkan pengoperasiannya. Awalnya pengoperasian S-60 dilakukan secara manual oleh awak meriam.

Pada versi retrofit dilakukan modifikasi sehingga dapat digerakkan secara elektrik menggunakan tenaga listrik dari dua baterai yang tersedia dan dengan cara remote control dari FCS (Firing Control System).

Share.

About Author

Leave A Reply