Di Balik Layar Film “Kadet 1947” Muncul di Youtube, Kabarnya Akan Tayang Tahun Depan

0

MYLESAT.COM – Sore ini seorang teman mylesat.com mengirim tautan Youtube tentang pembuatan film perang Kadet 1947 yang tengah berlangsung di Wonosari. Dalam akun “Di Balik Layar Film Kadet 1947” itu terlihat suasana pengambilan gambar film perang yang mengangkat kisah heroik para pejuang AURI (TNI AU) di tahun 1947.

Video yang diunggah pada 27 Oktober 2020 itu sudah ditonton oleh 1.460 orang. Sepertinya akun ini resmi dari Kadet 1947.

Film Kadet 1947 dipersembahkan oleh Temata Studios (Telinga Mata Nusantara) bersama Screenplay Films dan Legacy Pictures. Film yang disutradarai sekaligus ditulis oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia ini mengisahkan perjalanan tujuh pemuda kadet AURI pada masa Perang Kemerdekaan.

Kadet 1947 mengangkat perjuangan tujuh kadet AURI. Mereka adalah Sutardjo Sigit, Mulyono, Suharnoko Harbani, Bambang Saptoadji, Kapoet, Dulrachman, dan Sutarjo.

Ketika itu para kadet melakukan misi yang sangat berani dengan mengebom kedudukan pasukan Belanda di Semarang, Ambarawa, dan Salatiga. Peristiwa ini terjadi pada 27 Juli 1947. Mereka menggunakan pesawat peninggalan Jepang seperti Cureng dan Guntei.

Pengambilan gambar untuk film dilakukan di salah satu landasan udara yang sudah tidak terpakai di daerah Wonosari, Yogyakarta. Syuting sejatinya akan dimulai pada awal Maret namun ditunda karena pandemi Covid-19.

Jika mengikuti rencana awal, film ini akan ditayangkan bertepatan dengan peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020.

Namun setelah melewati persiapan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat, akhirnya syuting dimulai sejak akhir Agustus lalu. Film ini mendapat dukungan penuh dari TNI AU.

Mylesat.com mengetahui pembuatan film ini sudah selesai ketika secara tidak sengaja bertemu tim pendamping dari Dispenau yang hendak kembali di Jakarta.

Kami bertemu di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Lanud Adisutjipto pada 18 Oktober 2020. Tim yang dipimpin Kolonel Sus Maylina Saragih ini membenarkan bahwa syuting sudah selesai.

“Baru aja selesai, kami syuting 1,5 bulan, ini mau balik Jakarta,” ujar Maylina dengan wajah terlihat lelah.

Saat bertemu Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto di sela-sela latihan MOT dan GFAC di Lanud Iswahjudi, Madiun, membenarkan bahwa syuting sudah berlangsung dan bahkan sudah selesai.

“Sudah selesai, insya allah bisa tayang tahun depan,” ungkap Fadjar.

Daftar Pemain Kadet 1947:
1. Kevin Julio sebagai Mulyono
2. Bisma Karisma sebagai Sutardjo Sigit
3. Martino Lio sebagai Bambang Saptoadji
4. Omar Esteghlal sebagai Suharnoko Harbani
5. Wafda Saifan sebagai Sutardjo
6. Fajar Nugra sebagai Kaput
7. Chicco Kurniawan sebagai Dulrachman
8. Andri Mashadi sebagai Agustinus Adisucipto
9. Ario Bayu sebagai Soekarno
10. Ibnu Jamil sebagai Halim Perdana Kusuma
11. Mike Lucock sebagai Soerjadi Soerjadarma
12. Indra Pacique sebagai Soedirman
13. Hardi Fadhillah sebagai Kardi
14. Givina sebagai Asih

Share.

About Author

Leave A Reply