Gandeng PT NUH, Russian Helicopters Uji Coba Operasi Karhutla Helikopter Mi-8/171 di Indonesia

0

MYLESAT.COM – Indonesia dipilih pabrikan Russian Helicopters untuk meluncurkan sebuah program uji coba operasi helikopter Mi-8/171 di Sumatera dan Kalimantan. Dikutip ainonline.com, program ini dilakukan di bawah kontrak dengan operator lokal PT National Utility Helicopters (NUH) yang selama ini memberikan layanan untuk pemerintah Indonesia. Uji coba fokus pada operasi pemadam kebakaran (Karhutla).

Dua helikopter Mi-8AMT disebutkan sudah berada di wilayah yang akan dijadikan tempat pengujian. Kedatangan heli didukung oleh awak penerbangan dan pemeliharaan Russian Helicopters.

Russian Helicopters juga memberikan dukungan dan konsultasi mengenai pembentukan armada untuk melakukan operasi pemadam kebakaran di wilayah tersebut, menurut Leonid Belykh, direktur pengelola pabrik penerbangan Ulan-Ude Helikopter Rusia (U-UAP).

Program percontohan Indonesia memakai upaya serupa yang pernah dilakukan Rusia dalam kemitraan dengan UTair-VU pada 2018, yang menggunakan helikopter Mi-171A2.

U-UAP telah memproduksi lebih dari 8.000 pesawat selama 80 tahun terakhir. Saat ini mengkhususkan diri dalam produksi helikopter Mi-8AMT (Mi-171E), Mi-171, dan Mi-8AMTSh (Mi-171Sh).

JSC Russian Helicopters adalah BUMN yang berkantor pusat di Moskow dan merupakan satu-satunya pengembang dan produsen helikopter di Rusia.

Perusahaan ini mencakup lima pabrik helikopter, dua kantor desain, perusahaan yang memproduksi dan melayani item vendor, pabrik perbaikan pesawat serta layanan dan dukungan purnajual.

Sumber lain mengutip bahwa helikopter dibawa ke Kalimantan untuk memadamkan kebakaran hutan. Nantinya, helikopter akan menjalankan tugas operasional di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

“Kontrak dengan PT. National Utility Helicopters, operator helikopter utilitas di Indonesia dengan pengalaman 50 tahun dalam memberikan layanan bagi Pemerintah Indonesia maupun perusahaan swasta, menjadi pilot project program ini. Tugas utama kontrak adalah melaksanakan operasi pemadaman kebakaran di wilayah tersebut, serta memberikan layanan konsultasi mengenai pembentukan armada udaranya sendiri milik operator Indonesia untuk operasi pemadam kebakaran tahunan,” kata Leonid Belykh.

Share.

About Author

Leave A Reply