Latihan Pengamanan VVIP Koopsau III, Sejumlah Skenario Emerjensi Udara Digelar di 3 Lanud

0

MYLESAT.COM – “Manfaatkan momentum kegiatan latihan ini untuk menambah bekal pengetahuan dalam mendukung tugas pengamanan VVIP di medan tugas sebenarnya, dan saya tekankan agar dalam manuver lapangan nantinya para komandan satuan benar-benar mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan sesuai aturan dan memastikan semua unsur dan pelaku aman dan tidak terpapar covid-19 selama pelaksanaan latihan.”

Penekanan itu disampaikan Panglima Koopsau III Marsda TNI Ir.Novyan Samyoga, MM dalam pembukaan latihan Pengamanan VVIP Koopsau III Tahun Anggaran 2020. Latihan berlangsung secara virtual di Markas Koopsau III Biak (Senin, 9/11).

Turut hadir dalam acara pembukaan latihan ini pejabat Koopsau III, Tim Pengawas dan Evaluasi dari Mabes TNI yang dipimpin Kolonel Pnb Tata Budi Pratama, tim asistensi Paspampres Mayor Inf Reno Handoko, serta para komandan satuan jajaran Koopsau III secara virtual dari satuan masing-masing.

Pangkoopsau III menilai latihan semacam ini sangatlah penting guna mengantisipasi kemungkinan ancaman yang terjadi di wilayah tanggung jawab Koopsau III terhadap pejabat VVIP yang sedang melaksanakan tugas kenegaraan.

Oleh sebab itu, guna mewujudkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan meningkatkan kesiapsiagaan satuan jajaran Koopsau III, latihan ini ditujukan untuk memberikan bekal kepada pelaku agar mampu merencanakan dan melaksanakan pengamanan VVIP. Baik Presiden/Wakil Presiden, tamu negara setingkat kepala negara/pemerintahan beserta keluarga VVIP yang merupakan simbol negara yang harus mendapatkan perlakuan pengamanan khusus.

Latihan Pengamanan VVIP Koopsau III untuk tahun ini mengusung tema “Komando Tugas Udara Koopsau III Melaksanakan Operasi Pengamanan VVIP Aspek Udara Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Menurut keterangan Direktur Latihan Asisten Operasi Kaskoopsau III Kolonel Pnb Agus Setiawan, S.E, latihan ini akan digelar di tiga Lanud jajaran. Yaitu Lanud Manuhua, Lanud J. A. Dimara Merauke dan Lanud Yohanes Kapiyau Timika.

Latihan melibatkan lebih kurang 910 personel dari Koopsau III dan jajaran serta personel satuan TNI/Polri, 1 unit pesawat CN-235 MPA dari Skadron Udara 27 Lanud Manuhua dan 1 unit helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 6 Lanud Atang Senjaya.

Materi latihan yang akan disimulasikan meliputi simulasi emerjensi pada saat start engine, taxy out, take off, on route atau landing, air cover, muatan udara dan medivac, penggelaran dan ploting sasaran serta komando kendali operasi pengamanan VIIP.

Sementara Ketua Tim Wasev Kolonel Pnb Tata Budi Pratama mengatakan, latihan Pengamanan VVIP ditujukan untuk menyinergikan komunikasi dan harmonisasi satuan yang bertugas dalam pengamanan VVIP dengan harapan tercapai peningkatan kesiagaan dan kesiapsiagaan yang tinggi.

Oleh karena itu perlu diinventarisir berbagai permasalahan yang muncul baik berupa doktrin, piranti lunak maupun kelengkapan lainya dalam pengamanan VVIP selama latihan untuk dijadikan bahan evaluasi dan mencari upaya-upaya serta solusi pada penugasan sebenarnya, jelasnya.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply