Sebagai Ganti Mi-8T, Lithuania Teken Kontrak untuk 4 Helikopter UH-60M Black Hawk

0

MYLESAT.COM – Baru lalu, Lithuania menandatangani kontrak dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk pengadaan empat helikopter baru Sikorsky UH-60M Black Hawk. Kontrak tersebut ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Lithuania Raimundas Karoblis dan Penjabat Menteri Pertahanan AS Christopher Miller pada 13 November 2020.

Dalam kontrak juga tercakup peralatan tambahan, suku cadang, dan paket pelatihan, perbaikan, dan dukungan logistik.

Untuk pembelian ini, Lithuania akan membayar EUR 181 juta (213 juta dolar AS) selama lima tahun ke depan kepada Pemerintah AS.

Pemerintah AS juga memberikan dukungan sebesar EUR 25 juta (30 juta dolar) untuk proyek tersebut. Lithuania juga menerima persetujuan dari Kongres AS untuk membeli dua helikopter lagi di mendatang jika diperlukan.

Pengiriman pertama Black Hawk ke Lithuania akan dilakukan pada akhir 2024. Sementara itu akan dilaksanakan pelatihan bagi kru udara dan darat Angkatan Bersenjata Lithuania yang akan mengoperasikan heli.

Platform baru ini akan sepenuhnya menggantikan helikopter Mi-8T yang saat ini digunakan Angkatan Bersenjata Lithuania.

Armada helikopter buatan Soviet berusia 30 tahun dan kelaikan udaranya telah mencapai tenggat waktu. Pengoperasi Mi-8T telah dirongrong oleh perawatan yang mahal, potensi kerusakan yang tinggi, perbaikan berisiko karena penyediaan suku cadang yang rumit dari Rusia.

UH-60M Black Hawk akan meningkatkan interaksi dengan mitra strategis dan regional Lithuania. Seperti Denmark, Latvia, Polandia dan Swedia.

UH-60M Black Hawk adalah salah satu varian terbaru dari keluarga helikopter Black Hawk buatan Sikorsky.

Dibanding varian UH-60A dan UH-60L sebelumnya, UH-60M menggabungkan mesin T700-GE-701D yang ditingkatkan, bilah rotor chord lebar yang ditingkatkan, instrumentasi elektronik canggih, kontrol penerbangan, dan kontrol navigasi pesawat.

UH-60 Black Hawk adalah salah satu helikopter militer yang sangat tangguh dan berpengalaman di berbagai teater di bawah kendali pasukan AS.

Share.

About Author

Leave A Reply