Tidak Biasanya, Komando Operasi Khusus AS Gelar Latihan Bersama Skala Besar dengan Swedia

0

MYLESAT.COM – Komando Operasi Khusus AS Eropa (USSOC Europe) mengumumkan bahwa unit AS melakukan operasi gabungan selama latihan yang dipimpin Swedia di sepanjang pantai Laut Baltik (15/11).

Jet tempur JAS-39 Gripen Swedia dan pesawat CV-22B Osprey, F-15 Eagle, dan MC-130 milik militer AS terbang di atas Gotland selama latihan bersama melintasi Laut Baltik seperti rilis dari USSOC Europe.

“Pasukan Swedia dan AS melakukan latihan bersama untuk memperkuat kemampuan pertahanan di seluruh domain darat, udara, dan laut,” kata rilis.

Latihan yang melibatkan unit AS ini sudah direncanakan sejak lama dan dilakukan pada November. Latihan merupakan bagian dari kerjasama bilateral Swedia-AS.

“Hubungan yang kuat dengan AS sangat penting untuk keamanan kami dan Eropa. Terutama tentang kemampuan militer dan suplai teknis. Itulah sebabnya kami memiliki kerja sama yang erat dengan AS, yang ditunjukkan dalam latihan bilateral ini. Latihan memperkuat kemampuan kami untuk melakukan operasi dan upaya udara lanjutan di Swedia dan mancanegara,” kata Kolonel Malin Persson, Kepala Wing Udara Skaraborg.

Personel AS berada di Skaraborg selama latihan.

Karena di tengah pandemi Covid-19, latihan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat agar tidak saling menginfeksi.

Sejauh mungkin, personel Swedia dan AS dipisahkan satu sama lain.

“Kepala Unit Operasi Khusus ke-352 AS dan saya membahas cara-cara untuk menangani pandemi, agar tidak membuat staf kami atau pihak ketiga dalam risiko terinfeksi Covid-19,” ujar Kolonel Persson menyimpulkan.

“Senang sekali bisa diundang dan bekerja di pangkalan udara modern ini. Semuanya sama baiknya, atau bahkan lebih baik, seperti yang biasa kita lakukan. Angkatan Bersenjata Swedia memenuhi semua kebutuhan kami,” jelas Persson.

Share.

About Author

Leave A Reply