Angkatan Laut AS Beri Nama USS Tang dan USS Wahoo untuk 2 Kapal Selam Kelas Virginia

0

MYLESAT.COM – Sekretaris Angkatan Laut Kenneth J. Braithwaite mengumumkan pada 17 November, dua kapal selam serang kelas Virginia akan diberi nama USS Tang dan USS Wahoo.

USS Tang (SSN 805) dan USS Wahoo (SSN 806) akan membawa nama dua kapal selam semasa Perang Dunia II.

“Keberhasilan dalam pertempuran yang diraih kedua kapal sebelumnya tidak diragukan lagi akan membawa kebanggaan bagi kru USS Tang dan USS Wahoo di masa depan,” kata Braithwaite.

“Bersama USS Barb (SSN 804) yang lebih dulu dinamakan, kapal ini akan menghormati tradisi dan warisan yang kuat dari pasukan siluman,” jelasnya.

Penamaan ini akan menjadi ketiga kalinya nama Tang dan Wahoo digunakan untuk kapal selam Angkatan Laut AS.

USS Tang (SS-306) adalah kapal selam kelas Balao dan kapal Angkatan Laut AS pertama yang menyandang nama Tang. Nama ini diambil dari ikan karang yang lazim di perairan Samudra Pasifik.

Kapal dibangun dan diluncurkan pada 1943 di bawah komando Letnan Cmdr. Richard H. O’Kane. Kapal berhasil menenggelamkan lima kapal musuh selama patroli perang pertama.

Dalam lima patrolinya, Tang dikreditkan dengan menenggelamkan 31 kapal, total 227.800 ton dan merusak dua kapal seberat 4.100 ton. USS Tang menerima empat bintang pertempuran dan dua Presidential Unit Citations atas jasanya selama Perang Dunia II. Sementara O’Kane sendiri menerima Medal of Honor untuk aksi heroik terakhir Tang.

“Penamaan kapal selam kelas Virginia adalah kesempatan untuk merebut kembali nama kapal selam yang membawa catatan prestasi yang inspiratif,” tambah Braithwaite.

Kapal selam serang dirancang untuk mencari dan menghancurkan kapal selam musuh dan kapal permukaan; proyeksi kekuatan darat dengan rudal jelajah Tomahawk dan Pasukan Operasi Khusus; melaksanakan misi Intelijen, Pengawasan dan Pengintaian (ISR); mendukung operasi kelompok pertempuran; dan terlibat dalam perang ranjau.

Share.

About Author

Leave A Reply