Jepang Luncurkan Kumano, Kapal Perang Jenis Fregat Berkemampuan Destroyer

0

MYLESAT.COM – Perusahaan galangan kapal Jepang Mitsui E & S Shipbuilding Co., Ltd telah meluncurkan kapal perang jenis fregat multi-fungsi 30FFM dalam sebuah upacara di Okayama (19/11).

Kumano (FFM-2) adalah kapal kedua dari fregat 30FFM yang dipesan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF). Kapal dinamai sesuai Sungai Kumano yang berada di Semenanjung Kii di Jepang tengah dan berlokasi di Nara, Wakayama Prefektur Mie. Sungai Kumano memiliki panjang 183 kilometres.

Penggunaan nama Kumano di kapal fregat ini berbagi dengan kapal penjelajah berat era Perang Dunia II Kumano dan pengawal perusak Perang Dingin Kumano.

Fregat generasi berikutnya ini memiliki bobot lebih dari 5.000 ton pada beban penuh dengan desain menggabungkan kekompakan dan penghematan tenaga. Lazimnya kapal perang sejenis, Kumano juga mengusung desain stealth.

Kapal ini divisikan sebagai kapal berukuran fregat namun memiliki kemampuan seperti kapal jenis destroyer (perusak). Kapal ini akan menggantikan kapal perusak kelas Asagiri dan Abukuma.

Dengan konsep penghematan tenaga kerja (manpower savings), JMSDF berharap dapat mengatasi masalah kekurangan personel.

Kapal-kapal ini akan diawaki oleh sekitar 100 pelaut, penurunan yang signifikan dibanding kapal Destroyer konvensional dan Aegis.

Jepang berencana untuk membangun 22 kapal sekelas dengan harga satuan sekitar 461 juta dolar AS.

Galangan kapal sekarang akan melanjutkan ke tahap penyiapan frigat Kumano sebelum pengiriman yang ditetapkan pada 2021.

Share.

About Author

Leave A Reply