Su-27 Rusia Cegat Pesawat Pengintai RC-135 Angkatan Udara AS di Laut Hitan

0

MYLESAT.COM – Insiden yang selalu terulang, Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia melaporkan pada Sabtu (28/11) bahwa jet tempur Sukhoi Su-27 Flanker diterbangkan untuk mencegat pesawat pengintai RC-135 Rivet Joint milik Angkatan Udara AS yang terbang di atas Laut Hitam.

“Sebuah jet tempur Su-27 dari unit pertahanan udara Distrik Militer Selatan diterbangkan (scrambled) untuk mengidentifikasi target udara dan mencegahnya dari pelanggaran perbatasan negara Federasi Rusia,” kata pernyataan itu.

Awak jet tempur Rusia mengidentifikasi target udara sebagai pesawat pengintai strategis RC-135 Angkatan Udara AS dan mengawalnya di atas Laut Hitam.

Penerbangan jet tempur Rusia dilakukan dengan mematuhi aturan wilayah udara internasional. Tidak ada pelanggaran perbatasan negara Federasi Rusia yang diizinkan.

Setelah pesawat AS membelok dari perbatasan Rusia, jet tempur Rusia kembali ke pangkalan udaranya.

RC-135 adalah pesawat yang mampu digerakkan dengan cepat untuk menjalankan misi yang diarahkan oleh Kepala Staf Gabungan dengan prioritas nasional untuk mengumpulkan data optik dan elektronik pada target balistik.

Data ini sangat penting untuk verifikasi kepatuhan perjanjian senjata, dan pengembangan konsep pertahanan rudal dan pertahanan strategis AS.

Share.

About Author

Leave A Reply