India Tekan Kontrak 2,5 Miliar Dolar AS untuk Pembelian 56 Pesawat Airbus C295

0

MYLESAT.COM – India dilaporkan akan segera menekan kontrak senilai 2,5 miliar dolar AS dengan Airbus Defense and Space untuk pengadaan 56 pesawat angkut taktis Airbus C295. Pesawat akan dioperasikan oleh Angkatan Udara India (IAF).

Baca Juga:

Menurut laporan, rencana pengadaan sedang dalam tahap persetujuan keuangan dan kontrak kemungkinan akan selesai dalam beberapa bulan ke depan.

Angkatan Udara India membeli C295 untuk menggantikan armada Avro 748M yang sudah tua.

Request For Proposal (RFP) untuk pengganti Avro 748M dikeluarkan untuk perusahaan global pada Mei 2013. Satu-satunya tawaran oleh Airbus dan Tata dengan C295 telah disetujui Defense Acquisition Council (DAC) pada Mei 2015.

Airbus telah membentuk usaha patungan dengan Tata Advanced Systems Limited (TASL) India untuk memuluskan program ini. Menurut rencana pengadaan, 16 C295 akan diimpor langsung dari fasilitas Airbus di Eropa, sedangkan 40 sisanya akan dirakit secara lokal atau dibangun secara lisensi di fasilitas JV, India.

Airbus C295 adalah pesawat angkut taktis militer turboprop bermesin ganda yang saat ini diproduksi oleh Airbus Defense and Space.

Pesawat ini merupakan pengembangan dari pesawat angkut CN235 yang diproduksi bersama oleh Spanyol  dan Indonesia. Menilik dimensi, C295 memiliki badan lebih panjang, kemampuan muatan 50% lebih banyak, dan menggunakan mesin turboprop Pratt & Whitney Canada PW127G terbaru.

Pesawat Airbus C295 saat ini digunakan di lebih 15 negara.

Share.

About Author

Leave A Reply