Joe Biden Jagokan William Burns Jadi Direktur CIA, Demokrat: Rakyat Amerika Akan Tidur Nyenyak

0

MYLESAT.COM – Menjadi semacam tradisi setiap kali jelang pelantikan presiden Amerika Serikat, adalah menebak siapakah yang akan menjadi Direktur CIA (Central Intelligence Agency) AS.

William  Burns bukan wajah baru bagi presiden terpilih Joe Biden. Burns bekerja sebagai Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik selama masa jabatan pertama Barrack Obama.

Sebelumnya ia menjabat sebagai utusan AS untuk Rusia selama tiga tahun, serta memegang beberapa jabatan lain di Departemen Luar Negeri.

Tim transisi Joe Biden mengungkapkan bahwa presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden telah menominasikan William Burns sebagai direktur badan intelijen CIA.

Tim transisi menekankan bahwa pengalaman panjang diplomat ini selama 33 tahun akan membantunya mengatasi sejumlah ancaman sebagai direktur CIA.

“Ambassador Burns adalah seorang profesional sempurna yang penuh integritas yang akan membawa fakta dan kemandirian yang dituntut oleh keamanan nasional kita,” bunyi pernyataan resmi tersebut.

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Burns akan dapat menangani serangan dunia maya yang diklaim “berasal dari Moskow”, dugaan “tantangan” yang diajukan China, atau jenis ancaman lain yang ditimbulkan oleh teroris dan aktor non-negara.

Presiden terpilih Joe Biden memuji William Burns sebagai orang yang mampu memimpin badan intelijen meski tidak terpengaruh oleh argumen politik.

Demokrat menyatakan keyakinannya bahwa dengan Burns sebagai direktur CIA, “rakyat Amerika akan tidur nyenyak”.

“Intelijen harus apolitis dan bahwa para profesional intelijen yang berdedikasi dan melayani bangsa kita pantas mendapatkan rasa terima kasih dan rasa hormat kita,” kata Biden dalam pernyataan.

Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, pada gilirannya, menekankan pengalaman Burns bekerja di Departemen Luar Negeri terlepas dari apakah pemerintahan Demokrat atau Republik sedang menjabat.

Dia menyatakan keyakinannya bahwa diplomat veteran itu akan memimpin CIA dengan kemerdekaan dan integritas (independence and integrity).

Burns telah bertugas di Departemen Luar Negeri sejak 1982. Dia mendapatkan jabatan besar pertamanya pada tahun 1996 menjadi Sekretaris Eksekutif Departemen Luar Negeri.

Ia pernah menjadi duta besar untuk dua negara yaitu Lebanon dan Rusia dan menjabat Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik di akhir pemerintahan George W Bush dan masa jabatan pertama Barack Obama.

William Burns lahir pada 11 April 1956 di Fort Bragg, Carolina Utara. Dia meraih gelar sarjana sejarah dari Universitas La Salle serta gelar master dan doktor dalam hubungan internasional dari Universitas Oxford.

Share.

About Author

Leave A Reply