Danjen Kopassus Buka Pendidikan Komando, 14 Siswa Berasal dari Korpaskhas TNI AU

0
MYLESAT.COM – Sebanyak 156 siswa mengikuti upacara pembukaan Pendidikan Prajurit Komando Angkatan 105 bertempat di Lapangan Hitam Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar Bandung, Jumat (5/2/). Upacara dipimpin oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan.
Menariknya adalah Pendidikan Prajurit Komando kali ini juga diikuti oleh siswa dari Korpaskhas TNI AU. Siswa Pendidikan Komando Angkatan 105 adalah 142 orang ditambah 14 siswa Korpaskhas. Siswa komando dari Korpaskhas ini terdiri dari tiga perwira dan 11 bintara.
Ini bukanlah kali pertama Korpaskhas mengirim siswa untuk mengikuti pendidikan komando di Kopassus. Sejak lama tradisi ini sudah dilakukan.
Sudah berkali-kali Korpaskhas mengirim prajuritnya ke Pusdik Kopassus. Seperti Letkol Pas Pangabalan Silaen yang memimpin Denpur Kopasgat dalam Operasi Seroja di Dili pada 7 Desember 1975, adalah jebolan Pusdik Komando Kopassus.

Kapten Silaen adalah perwira karier yang menjadi perwira Kopasgat pada 1965. Silaen lulusan Sekolah Tinggi Olahraga di Medan, menjadi anggota ABRI untuk menjawab permintaan Pemerintah yang membutuhkan banyak prajurit guna menghadapi kemungkinan konflik dengan negara tetangga.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan menyematkan tanda peserta. Foto: Pen Kopassus

Dari 70 orang teman satu lichting Silaen, 30 di antaranya menjadi perwira Kopasgat.

Mereka mengikuti pendidikan matra di Margahayu yang bersebelahan dengan Kali Cimariuk. Karena itu mereka memproklamirkan diri sebagai Akabri Cimariuk.

Silaen kemudian dikirim ke Batujajar bersama beberapa prajurit lainnya untuk mengikuti pendidikan Komando RPKAD.

Begitu juga Kolonel Pas Dicky Lukman yang saat ini menjabat sebagai Komandan Grup B Paspampres, adalah perwira Paskhas yang berhak mengenakan baret merah Kopassus.

Selain itu juga ada Kolonel Pas Novlamiryah, Kolonel Pas Juanda, dan banyak lagi. Umumnya ditempatkan di satuan elite Sat Bravo 90 Paskhas.
Metode nitip siswa seperti ini selain bermakna bisa mempercepat penambahan siswa berkualifikasi komando di Korpaskhas, juga untuk semakin mempererat hubungan di antara kedua pasukan.
Hadir pada upacara tersebut Wadan Korpaskhas Marsma TNI Taspin Hasan ,S.A.P., M.Si., Danpusdiklatpassus Brigjen TNI Thevi A. Zebua, para Asisten Kopassus, Kabalak Kopassus dan pejabat Pusdiklatpassus serta Dansatdik Matra Paskhas Mayor Pas M. Junaedi.

Share.

About Author

Leave A Reply