Sirene Meraung, Prajurit Yonarmed 10 Kostrad Uji Alarm Kesiapsiagaan Keadaan Darurat

0

MYLESAT.COM – Sirene meraung-raung, prajurit pun berlarian sambil membawa perlengkapan dan senjatanya. Tidak boleh ada yang tertinggal. Begitulah suasana di satuan tempur saat mendengar sirene atau alarm kesiapsiagaan.

Namun bisa saja seorang prajurit lalai dan tidak siap. Karena itulah diperlukannya latihan menghadapi situasi alarm.

Atas dasar itu, Komandan Batalyon Artileri Medan 10/Bradjamusti 2/1 Kostrad, Mayor Arm Danny A.P Girsang, S.Sos.,M.Han, memerintahkan Pasiops untuk melaksanakan latihan alarm kesiapsiagaan di Lapangan Mayonarmed 10 Kostrad, Bogor, Jumat (5/2).

Bunyi sirine alarm dari pengeras suara dan lonceng dari penjagaan, membuat penghuni asrama dan prajurit berhamburan dengan peralatan lengkap di lapangan apel.

Latihan tersebut untuk mengecek sejauh mana kesiapan satuan untuk siap digerakan sewaktu-waktu dalam mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi.

Selanjutnya latihan alarm kesiapsiagaan ini dalam rangka menjaga moril dan kemampuan satuan.

Latihan alarm kesiapsiagaan Batalyon Artileri Medan 10/Bradjamusti. Foto: Kostrad

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kesiapsiagaan prajurit berkumpul dengan cepat, pengecekan personel dan materiil/kelengkapan alat peralatan yang digunakan termasuk protap perbekalan isi ransel masing-masing prajurit selama tiga hari kedepan serta kesiapan kendaraan untuk pergeseran pasukan.

Komandan Batalyon Armed 10/Bradjamusti 2/1 Kostrad Mayor Arm Danny A.P Girsang menekankan kepada prajurit dalam pelaksanaan latihan alarm kesiapsiagaan, agar senantiasa meningkatkan kemampuan perorangan dan kerjasama dalam hubungan kelompok, tim, regu, ton, kompi dan batalyon.

Penekanan ini penting gar prajurit mengerti apa yang harus diperbuat dan mengerti tugasnya baik sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan kegiatan/tugas yang diberikan dengan tetap mengutamakan faktor keamanan dalam pelaksanaannya.

Share.

About Author

Leave A Reply