Tak Hanya Dalami Taktik Perang, Anggota Yonif Para Raider 431 Kostrad Pun Pelajari Pengoperasian Drone

0

MYLESAT.COM – Teknologi hadir untuk mempermudah aktivitas manusia. Di lingkungan militer pun teknologi seperti drone sudah lazim dimanfaatkan untuk menunjang operasi. Kemampuan inilah yang didalami prajurit Yonif Para Raider 431 Kostrad yang akan melaksanakan tugas operasi di Papua. 

Kemajuan teknologi informasi secara pasti telah memberikan andil yang sangat besar dalam mendorong kemajuan dan kemampuan prajurit pada masa sekarang.

Didukung kemajuan teknologi terutama teknologi pesawat terbang, sehingga dapat meningkatkan kemampuan personel dalam mengawaki dan memahami dasar-dasar kemampuan drone.

Staf Intelijen (Sintel) Brigif PR 3 TBS Kostrad berbagi ilmu tentang tata cara mengendalikan drone kepada prajurit Yonif Para Raider 431 Kostrad.

Kursus singkat dilaksanakan di lapangan Triasa Yonif PR 431 Kostrad Kariango, Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (16/2).

Kursus diikuti 10 prajurit Yonif Para Raider 431 Kostrad yang akan melaksanakan penugasan di daerah Papua. Bertindak selaku narasumber anggota Brigif Para Raider 3 TBS yang bertugas sebagai pengawak drone.

Drone yang digunakan adalah DJI Mavic Pro 2019 yang berkemampuan mengambil foto dan video di udara dengan kemampuan 4K.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberi kesempatan prajurit Yonif PR 431 Kostrad merasakan belajar kemampuan dasar mengenal dan menerbangkan drone.

Kursus diikuti 10 prajurit Yonif Para Raider 431 Kostrad. Foto: Kostrad

Disamping itu, prajurit juga diberikan tips merawat drone, agar masa pakainya lebih lama dan tentunya demi keamanan terbang.

Wakil Sementara Perwira Seksi Intelijen Lettu Inf Febi Puji Hantara mengatakan, dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan IT prajurit Para Raider 431 Kostrad untuk mendukung tugas pokok Batalyon karena kedepannya prajurit harus paham IT.

“Training yang dilaksanakan meliputi pelatihan penerbangan dasar, take off dan landing, manuver dasar, pengenalan fungsi, kalibrasi, pemeriksaan drone secara umum, latihan penerbangan, prosedür saat menghadapi situasi darurat intelligent flight modes dan lain-lain,” terang Lettu Inf Febi.

Share.

About Author

Leave A Reply