Tiba di Medan, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Akan Tinjau Lahan Pengganti Lanud Suwondo di Stabat

0

MYLESAT.COM – Sore ini (05/04/2021) sekitar pukul 16.30 WIB, pesawat Boeing B737 A-7307 yang membawa KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo beserta rombongan mendarat di Lanud Suwondo, Medan. KSAU akan melakukan sejumlah kegiatan selama berada di Medan, Sumatera Utara.

Di antara kegiatan yang akan dilakukan Marsekal Fadjar adalah mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan membuka Latsitarda Nusantara XLI/2021.

Latsitarda adalah singkatan dari Latihan Integrasi Taruna Wreda yang diikuti oleh taruna TNI-Polri tingkat akhir.

Selain mengikuti pembukaan Latsitarda Nusantara XLI/2021, KSAU juga akan meninjau daerah Stabat di Binjai yang akan dijadikan pangkalan udara TNI AU.

Stabat adalah salah satu kecamatan sekaligus ibu kota Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Sebelumnya ibu kota Kabupaten Langkat berkedudukan di Kota Binjai, namun sejak diterbitkannya Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 1982 ibu kota Kabupaten Langkat dipindahkan ke Stabat.

Seperti sudah diberitakan, Pemerintah berencana memindahkan Lanud Suwondo atau eks Bandara Polonia Medan yang berada dalam area lahan Sari Rejo. Lahan ini sejak lama menjadi sengketa antara warga Sari Rejo dengan TNI AU.

Untuk rencana pemindahan ini, TNI AU mendapatkan lahan seluas 1.200 hektar di daerah Stabat.

“Kami mohon dukungan dari pemerintah daerah, semoga rencana pemindahan dan pembangunan Lanud ini bisa berjalan lancar,” ujar Marsekal Fadjar Prasetyo.

Dikutip medan.tribunnews.com, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Utara, Dadang Suhendi mengatakan, perpindahan lokasi Lanud Soewondo TNI AU adalah bagian dari tindak lanjut Rapat Terbatas (Ratas) Presiden RI Joko Widodo, pada Maret lalu.

Dalam rapat itu, Presiden Jokowi meminta untuk segera menyelesaikan permasalahan sengketa tanah antara masyarakat Kelurahan Sari Rejo, Polonia dengan TNI AU.

Share.

About Author

Leave A Reply