Panglima TNI Kirim KRI Oswald Siahaan dan C-130 Hercules untuk Bantu Korban Bencana Alam di NTT

0

MYLESAT.COM – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto langsung memerintahkan KSAL untuk mengirim kapal perang KRI Oswald Siahaan (OWA)-354 guna membantu korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur dan Barat (NTT-NTB).

“Hari ini saya perintahkan KSAL untuk memberangkatkan KRI OWA-354 dalam rangka mengangkut bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial RI menuju lokasi bencana di NTT dan NTB,” kata Panglima TNI sebelum bertolak ke wilayah Natuna dari Lanud Halim Peerdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021).

Menurut BNPB, korban meninggal akibat bencana banjir dan longsor karena Siklon Tropis Seroja di NTT mencapai 128 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, menyebut berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Senin (5/4/2021), pukul 23.00 WIB, total warga meninggal dunia 128 warga.

Rinciannya adalah di Kabupaten Lembata 67 orang, Flores Timur 49, dan Alor 12. Total korban hilang mencapai 72 orang, dengan rincian Kabupaten Alor 28 orang, Flores Timur 23, dan Lembata 21.

Selain mengerahkan KRI OWA-354, Panglima TNI juga mengerahkan pesawat C-130 Hercules dan helikopter ke wilayah NTT dan NTB.

“Selain membawa bantuan, TNI juga memberangkatkan prajurit untuk membantu evakuasi dan pertolongan pertama,” ungkapnya.

Panglima TNI menegaskan bahwa saat ini TNI menyiagakan pesawat angkut berat Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

“Pengerahan KRI dan pesawat angkut berat serta prajurit TNI ke wilayah bencana alam di NTT dan NTB, merupakan bagian dari operasi militer selain perang yang memang menjadi salah satu tugas pokok TNI,” tegasnya.

Panglima TNI menambahkan bahwa rencananya TNI akan memberangkatkan Batalyon Zeni dari Kodam IX/Udayana Bali dan Kodam XIV/Hasanuddin Makassar.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply