KSAU Luncurkan Buku Indonesian Air Force in Pictures, Mengemas Indahnya Indonesia dari Udara

0

MYLESAT.COM – Usai memimpin upacara peringatan HUT TNI AU ke-75 di Lapangan Apel Denma Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (9/04/2021), KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., menuju ke ruang serba guna Mabesau.

Sejumlah acara lanjutan sudah menunggu KSAU. Seperti melakukan video telekonferensi dengan sejumlah lanud di tanah air. Semua pangkalan udara terlihat hadir secara virtual dan mendengarkan arahan KSAU secara virtual.

Beberapa komandan lanud disapa KSAU untuk berdialog langsung. Karena bertepatan dengan hari ulang tahun Marsekal Fadjar yang lahir di Jakarta pada 9 April 1966, lanud yang disapa sekaligus menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada KSAU.

Sebelum masuk ke ruang serba guna Mabesau, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo meluncurkan buku Indonesian Air Force in Picture.

Buku Indonesian Air Force in Picture. Foto: beny adrian/ mylesat. com

Buku full color setebal 160 halaman yang disiapkan tim Dispenau dipimpin Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah ini menyajikan keindahan alam Indonesia dari udara.

Pada setiap halamannya, siapapun yang melihatnya pasti akan terpesona. Karena bisa melihat keelokan Indonesia dari udara dan pesawat TNI AU di dalam satu bingkai. Foto-fotonya tergarap dengan sangat baik.

Seperti pesawat KT-1B Wong Bee dari Jupiter Aerobatic Team, ditampilkan saat melintas di atas tugu Monas dengan latar belakang Ibukota Jakarta. Penggunaan lensa lebar membuat panoramanya begitu menyejukkan mata.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, pembuatan buku ini melibatkan seluruh skadron udara yang ada di TINI AU.

Cover buku Indonesian Air Force in Picture.

Lalu, apa alasan di balik pembuatan buku Indonesian Air Force in Picture?

“Setelah menjadi KSAU, saya berpikir, apa yang bisa saya bawa jika melakukan kunjungan ke luar negeri,” aku KSAU Marsekal Fadjar. Dimaksud adalah, souvenir apa yang bisa dibawa dari tanah air dan kemudian diserahkan kepada sejawat di negara tujuan.

Menurut Fadjar, souvenir atau cinderamata yang akan diberikannya kepada pejabat di negara tujuan hendaklah bisa memberikan cakrawala tentang Indonesia, sebuah negeri yang begitu indah dan dijuluki zamrud khatulistiwa.

Dari situlah terbersit keinginan KSAU untuk membuat sebuah buku. Ya, bisa memperlihatkan alutsista yang dioperasikan TNI AU. Namun lebih penting lagi, menunjukkan indahnya negara kepulauan melalui sebuah foto.

KSAU dan Wakil KSAU usai meluncurkan buku Indonesian Air Force in Picture. Foto: beny adrian/ mylesat. com

Ibarat pepatah, sekali dayung dua-tiga pulau terlewati. Dengan melihat buku ini pula diharapkan pejabat negara sahabat akan bisa mengenal objek-objek wisata di tanah air.

Kelak buku ini akan menjadi bawaan wajib KSAU setiap kali berkunjung ke luar negeri. Tidak hanya oleh KSAU, Marsekal Fadjar juga menekankan kepada seluruh pejabat TNI AU yang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri, wajib membawa buku ini.

“Saya perintahkan kepada seluruh pejabat yang ke luar negeri, wajib membawa buku ini untuk dijadikan cinderamata,” pungkas Marsekal Fadjar Prasetyo.

Share.

About Author

Leave A Reply