Sebuah Serangan Udara, Personel di Makosekhanudnas I Pun Berlatih Bagaimana Menghadapinya

0

MYLESAT.COM – Serangan udara tidak hanya direspon oleh alutsista seperti pesawat tempur atau sistem pertahanan udara pasif. Personel yang ada di markas pun harus disiapkan dalam menghadapi serangan udara yang berlangsung begitu cepat.

Kesiapan ini menjadi perhatian Kosekhanudnas I di Jakarta, yang menggelar latihan Pertahanan Udara (Hanud) Cakra A-21 Tahun Anggaran 2021, Kamis (15/04/2021).

Dalam latian ini, Kosekhanudnas I tidak hanya menguji kemampuan personel dalam mengawaki alutsista, namun juga melatih respon individu dalam menghadapi situasi tak terkendali yang disebabkan serangan pesawat musuh.

Dalam latihan ini, Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Djoko Tjahjono, S.E., M.M., melibatkan seluruh personel Kosekhanudnas I yang terangkai dalam latihan Hanud Cakra A-21.

Disimulasikan, satu pesawat termonitor Satuan Radar (Satrad) 211 dan MCC Soekarno Hatta yang langsung melakukan pengamatan udara dan mendapati bahwa pesawat tersebut adalah musuh. Bergerak dari arah timur, pesawat musuh Negara Musang terdeteksi menuju Makosekhanudnas I.

Mendapat informasi adanya pesawat musuh yang akan menyerang, Pamen Siaga Posek Kosekhanudnas I menghubungi Perwira Jaga Makosekhanudnas I yang selanjutnya melapor kepada Komandan Flightma dan menerima perintah untuk memerintahkan seluruh personel keluar gedung melalui jalur evakuasi.

Disimulasikan Makosekhanudnas I diserang dan menimbulkan kebakaran. Dengan sigap petugas pemadam kebakaran berhasil meredakan api yang dapat dipadamkan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Selanjutnya seluruh personel Kosekhnaudnas I lari meninggalkan gedung untuk menyelamatkan diri, bersembunyi menuju daerah aman sambil membawa dokumen penting yang sempat mereka selamatkan.

Namun dalam penyelamatan diri, seorang personel terluka karena runtuhan dan luka bakar akibat ledakan bom.

Beruntung tim pemadam kebakaran segera datang memadamkan api dan membawa keluar personel yang terluka, selanjutnya dievakuasi ke RSAU Esnawan Antariksa.

Petugas Jaga Makosekhanudnas I yang memeriksa seluruh lokasi yang terkena ledakan bom, melaporkan kepada Komandan Flightma bahwa keadaan sudah aman, dan tidak ditemukan korban lain akibat ledakan. Petugas Provost Kosekhanudnas I menutup area ledakan dengan Police Line.

Komandan Flightma segera melapor kepada Pangkosekhanudnas I, yang selanjutnya mendapat perintah untuk mengecek kembali kerugian materiil maupun personel dan melaksanakan investigasi lebih lanjut.

Simulasi latihan Hanud Pasif yang digelar dalam latihan Hanud Cakra A-21, dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan respon setiap personel Kosekhanudnas I dalam menghadapi situasi akibat serangan udara musuh.

Share.

About Author

Leave A Reply