Su-30MK2 TNI AU Tembakan Rudal Kh-29TE, Kembali ke Home Base dan Laksanakan Air Refueling

0

MYLESAT.COM – Penerbang pesawat tempur TNI AU dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanudin, Makassar, berhasil menembakkan rudal Kh-29TE. Penembakan dilaksanakan di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Senin (19/04/2021).

Keberhasilan itu langsung mendapat apresiasi dari KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. Penembakkan rudal Kh-29TE dari pesawat Sukhoi Su-30MK2 Skadron Udara 11 disaksikan KSAU melalui Video Telekonferensi dari Ruang Puskodalau Mabesau, Cilangkap.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyaksikan penembakkan rudal KH-29TE melalui video telekonferensi dari Ruang Puskodalau Mabesau. Foto: Dispenau

Kh-29 yang oleh NATO dijuluki AS-14 Kedge adalah rudal udara ke permukaan dengan jangkauan 10–30 km. Rudal ini memiliki hulu ledak seberat 320 kg. Sistem pemandunya bisa dipilih antara laser, infrared, radar aktif atau panduan TV.

Dengan berhasilnya pengujian ini, KSAU berharap dapat meningkatkan profesionalisme dan kemampuan penerbang Sukhoi Skadron 11.

Yaitu dalam melaksanakan penembakan sasaran permukaan berupa target strategis seperti jembatan, gedung dan kapal laut serta target lainnya dengan menggunakan rudal Kh-29TE yang merupakan Smart Air To Ground Missile.

Dalam kegitan tersebut, masing-masing pesawat Su-30MK2 membawa satu rudal Kh-29TE.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. Penembakkan rudal KH-29TE dari pesawat Sukhoi Su-30MK2 Skadron Udara 11 disaksikan KSAU melalui Video Telekonferensi dari Ruang Puskodalau Mabesau, Cilangkap.

Pesawat lepas landas dari Lanud Sultan Hasanuddin, Makasar, langsung menuju sasaran di AWR Pandanwangi, Lumajang.

Setelah melaksanakan penembakan, pesawat kembali ke home base. Kemampuan berikutnya dilatihkan juga yaitu melakukan pengisian bahan bakar di udara (air refueling) dengan pesawat KC-130 Hercules Skadron Udara 32.

KH-29TE mampu menyerang sasaran permukaan baik di darat maupun di laut. Rudal ini merupakan pengembangan dari KH-29T pada aspek jarak jangkau lebih jauh.

Sebelumnya Skadron 11 telah melaksanakan uji seeker rudal Kh-29TE menggunakan pesawat Su-30MK2 TS-3005.

Rudal Kh-29TE yang digunakan TNI AU. Foto: net

Pengujian yang dipimpin Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb I Gusti Ngurah Sorga Laksana itu dilaksanakan pada 15-18 Maret di Makassar.

Saat menyaksikan penembakkan rudal Kh-29TE, turut mendampingi KSAU adalah Asrena KSAU, Asops KSAU, Aslog KSAU, Kadisaeroau, Kadisopslatau, Kadispenau, dan Sesdiskomlekau.

Share.

About Author

Leave A Reply