Masih Ribut dengan China, US Navy Gelar UAV MQ-4C Triton HALE ke Jepang untuk Pertama Kalinya

0

MYLESAT.COM – Penggelaran pesawat tanpa awak alias UAV, gencar dilakukan sebagai cara efektif melakaukan operasi intelijen. Kementerian Pertahanan (MoD) Jepang di Tokyo mengumumkan pada 7 Mei, Angkatan Laut AS (US Navy) akan mengerahkan Northrop Grumman MQ-4C Triton ke Jepang.

Pesawat UAV berkemampuan terbang strategis yang biasa disebut HALE (high-altitude, long-endurance) ini, digelar di Jepang dari pertengahan Mei. Seperti dikutip janes.com (11/5/2021), saat hampir bersamaan, Angkatan Udara AS akan mengirim UAV RQ-4 Global Hawk HALE pada akhir bulan.

Langkah penggelaran ini akan menandai pertama kalinya Triton dikerahkan ke Jepang.

Sedangkan Global Hawks yang berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Andersen di wilayah AS di Guam, telah dikerahkan ke negara Asia timur laut itu sejak 2014 sebagai bagian dari rotasi musiman reguler.

Kemhan Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa, pengerahan UAV yang misinya adalah intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR), datang di tengah lingkungan keamanan yang semakin parah di sekitar Jepang. Itulah sebabnya sangat penting untuk meningkatkan aktivitas ISR oleh kedua negara.

“Pengerahan ini dimaksudkan untuk menunjukkan komitmen AS terhadap pertahanan Jepang dan akan bermanfaat bagi keamanan Jepang dengan memperkuat kemampuan pengawasan maritim di sekitar Jepang, mengingat aktivitas maritim yang semakin aktif oleh negara-negara sekitarnya,” kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan.

Aktivitas militer ini mengacu pada meningkatnya ketegasan China di wilayah tersebut, terutama di sekitar Kepulauan Senkaku/ Diaoyu yang disengketakan, yang dikendalikan oleh Tokyo tetapi juga diklaim Beijing.

Share.

About Author

Leave A Reply