Persaingan Makin Ketat, Korea Selatan Luncurkan Desain Pesawat Angkut Militer Terbaru

0

MYLESAT.COM – Industri kedirgantaraan Korea Selatan terus menggeliat. Setelah mengembangkan pesawat tempur generasi 4,5 yang dinamakan KFX, Korea Aerospace Industries (KAI) merilis video promo singkat desain yang diusulkan untuk pesawat angkut militer masa depan.

Dalam video tidak diungkap banyak hal selain bentuk yang hampir mirip pesawat sejenis di kelasnya. Seperti C-2 buatan Jepang atau An-178 dari Ukraina.

Konsep yang ditawarkan Korea ini adalah pesawat multi-misi yang dikembangkan untuk mengangkut kargo, membawa rudal, meluncurkan roket, memasukkan operator khusus, dan mengisi bahan bakar di udara di antara kemampuan lainnya.

Bulan lalu, Kantor Berita Yonhap mengutip Wakil Presiden Eksekutif perusahaan Ryu Kwang-su yang mengatakan bahwa KAI telah mencapai konsensus dengan Administrasi Program Akuisisi Pertahanan tentang perlunya mengembangkan pesawat angkut dan pesawat multiguna masa depan.

“Saat ini ada 30 pesawat multiguna dan 70 pesawat angkut yang dioperasikan Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Udara. Kami menargetkan untuk mengganti pesawat impor dengan yang dikembangkan di dalam negeri dan maju ke pasar luar negeri dengan pesawat kami sendiri dalam jangka panjang,” kata Ryu.

Saat ini Angkatan Udara Republik Korea mengoperasikan pesawat angkut C-130 Hercules dan CN-235.

Jika dikembangkan, pesawat angkut akan digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai pesawat pengintai dan patroli maritim, karena berbagi platform yang sama dengan pesawat berukuran sedang.

Kira-kira satu tahun sebelumnya, KAI melaporkan bahwa mereka akan dapat membangun pesawat angkut sendiri dalam tujuh tahun dengan investasi sekitar 2,7 miliar dolar AS.

Share.

About Author

Leave A Reply