Air National Guard Paman Sam Pamer 3 Tabung Ghost Reaper di UAV MQ-9

0

MYLESAT.COM – Teknologi alutsista tidak akan pernah berhenti selama perang masih ada. Pembaharuan demi pembaharuan terus dilakukan sebagai antitesis penggunaan di lapangan. Karena itu, doktrin militer sangatlah lentur.

Salah satu alutsista menakutkan milik militer Amerika Serikat adalah pesawat tanpa awak (UAV). Info terbaru, kembali dilakukan pemutakhiran UAV MQ-9 Reaper

Pembaruan yang dilakukan adalah pemasangan tiga tabung Ghost Reaper (Freedom Pod) oleh Northrop Grumman. Tabung ini menampung sistem radio gateway yang dapat menghubungkan UAV generasi keempat dan kelima.

Peningkatan kemampuan komunikasi dan penargetan MQ-9 Reaper saat ini sedang didemonstrasikan oleh Air National Guard (ANG) selama latihan Northern Edge 2021 di Kutub Utara, dengan tujuan membantu drone memainkan peran lebih menonjol di arena komando dan kendali medan perang.

Kemampuan berbasis pod baru akan diterbangkan dengan MQ-9 dari 174th Attack Wing, seperti dikutip siaran pers 174th Attack Wing New York Air National Guard (6/4/2021).

MQ-9 akan mendemonstrasikan kemampuan lepas landas otomatis dan pendaratan serta kemampuan bertempur mumpuni (high-end) selama latihan pada 3-14 Mei. Latihan dipimpin oleh Komando Indo-Pasifik.

Upgrade ANG yang dipamerkan selama Northern Edge didanai oleh The National Guard and Reserve Equipment Account, dan secara khusus ditujukan untuk drone yang diterbangkan oleh ANG.

Upgrade didasarkan pada tiga pod terpisah, yang semuanya telah dinilai oleh ANG di bawah konsep Ghost Reaper.

Kontraktor utama MQ-9 yaitu General Atomics Aeronautical Systems (GA-ASI), sebenarnya, telah mengerjakan integrasi pod selama setahun terakhir. Ketiganya adalah:

  1. Northrop Grumman’s Freedom Pod, yang menampung sistem gateway Freedom Radio yang dapat menghubungkan pesawat tempur generasi keempat dan kelima.
  2. Pod Rosetta Echo Advanced Payloads (REAP) yang dibuat Ultra Electronics Inc. yang terhubung ke sistem ground melalui Link 16.
  3. Centerline Avionics Bay (CAB) milik GA-ASI yang memungkinkan perangkat lunak terus ditingkatkan, termasuk melalui penggunaan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin (machine learning).

Terkait program penignkatan kemaampuan iin, masih banyak detail yang tidak dijelaskan. Namun semua berujung kepada meningkatnya kemampuan MQ-9 Reaper sebagai UAV bersenjata.

Share.

About Author

Leave A Reply