Anggaran Cekak, 14 Helikopter Chinook yang Dibeli Inggris Akan Dikirim Satu Dekade Lagi

0

MYLESAT.COM – Inggris telah mengonfirmasi akan memperoleh 14 helikopter Boeing CH-47 Chinook. Namun karena masalah anggaran, pemerintah memperpanjang jadwal pengiriman hingga satu dekade ke depan.

Kesepakatan dibuat melalui proses Penjualan Militer Luar Negeri Departemen Pertahanan AS (Foreign Military Sales), membuat Inggris akan membayar £ 1,4 miliar (2 miliar dolar AS) untuk helikopter dan peralatan terkait.

Pengiriman dijadwalkan dimulai pada 2026 dan selesai pada 2030.

Pengaturan jadwal baru ini sekitar tiga tahun di belakang rencana awal, karena Kementerian Pertahanan Inggris telah memprioritaskan kebutuhan modernisasi yang lebih mendesak sebelum akuisisi helo.

Perjanjian tersebut mencakup pekerjaan pengembangan dan pembuatan helikopter jarak jauh selama dekade berikutnya.

Selama 40 tahun dioperasikan militer Inggris, helikopter Chinook telah digunakan untuk berbagai peran. Dari operasi pasukan khusus hingga pengangkutan kargo dan darurat sipil.

Helikopter yang akan datang, dikenal sebagai H-47 (ER), ditujukan terutama untuk operasi pasukan khusus.

Secara resmi mengumumkan kesepakatan 13 Mei, Menteri Pertahanan Ben Wallace mengatakan bahwa H-47 (ER) mutakhir akan menjadi yang terdepan dalam persyaratan spesialis Inggris dalam menangani ancaman dan dukungan logistik.

“Investasi £ 1,4 miliar ini berarti kami akan menjadi salah satu dari sedikit angkatan udara dengan kemampuan ini,” katanya.

Varian terbaru Chinook Inggris ini akan menggantikan versi lama yang sudah pensiun.

“Angkatan Darat menghentikan helikopter CH-47 Chinook tertuanya dan berinvestasi, bersama AS, dalam varian lebih baru dari pesawat yang terbukti secara operasional, meningkatkan kemampuan, efisiensi, dan interoperabilitas,” bunyi dokumen Kemhan.

Inggris belum menjelaskan secara rinci berapa banyak helikopter tertuanya yang rencana akan pensiun. Namun diperkirakan jumlah armada secara keseluruhan, yang saat ini berjumlah 60 Chinook, pada akhirnya akan menyusut menjadi 51.

Dengan jumlah ini, Inggris masih menjadi operator Chinook terbesar di Eropa.

Armada Chinook operasional Angkatan Udara Kerajaan saat ini terdiri dari varian pesawat HC4, HC5, HC6 dan HC6A. HC6 diakuisisi sebagai varian khusus Inggris dari CH-47F.

Kementerian Pertahanan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa helikopter akan memiliki kecepatan tertinggi 300 kilometer per jam.

Heli H-47 (ER) akan memiliki berbagai kemampuan baru, termasuk kokpit digital, badan pesawat dimodernisasi untuk meningkatkan stabilitas dan meningkatkan kemampuan bertahan hidup, sistem kontrol penerbangan otomatis digital untuk memungkinkan pilot hover di area dengan jarak pandang terbatas.

H-47 (ER) adalah bagian dari program Boeing Block 2 Chinook yang menyediakan pesawat baru dengan kemampuan yang ditingkatkan dan fitur keselamatan di atas varian Chinook Inggris yang ada.

Pesawat baru akan dilengkapi kokpit Collins Aerospace-made Common Avionics Architecture System, yang digunakan armada Chinook Amerika, Belanda dan Kanada, bersama banyak helikopter lain di seluruh dunia.

Fitur keamanan tambahan, seperti radar, telah ditentukan oleh Inggris. Kongres AS diperkirakan secara resmi mengumumkan kesepakatan FMS pada 14 Mei.

Share.

About Author

Leave A Reply