Fantastis, Angkatan Udara AS Akuisisi 6 Global 6000 sebagai Pesawat Simpul Komunikasi Medan Perang

0

MYLESAT.COM – Angkatan Udara AS (USAF) telah memberikan kontrak senilai 464,8 juta dolar AS kepada Learjet Inc., anak perusahaan Wichita dari divisi pesawat khusus Bombardier untuk pembelian dan modifikasi enam pesawat Global 6000.

Pesawat Global 6000 yang dipesan akan dioperasikan sebagai Battlefield Airborne Communications Node (BACN). Bisa diterjemahkan sebagai Simpul Komunikasi Medan Perang.

Ditunjuk sebagai E-11A dan ditugaskan ke Air Combat Command atau Komando Tempur Udara, Global 6000 adalah pesawat jet bisnis dengan kabin luas yang dimodifikasi sebagai simpul komunikasi di ketinggian tinggi.

Pesawat yang terbang tinggi ini akan memasok data ke pasukan udara dan darat, memberi mereka kemampuan untuk berkomunikasi dengan suara serta berbagi data, video, dan gambar.

Global Express Bombardier berfungsi sebagai versi awal dari E-11A. Kontrak baru ini yang diumumkan pada 1 Juni 2021 oleh Departemen Pertahanan AS, menyerukan agar pengiriman dilakukan selama lima tahun ke depan hingga Mei 2026.

Menurut sumber di Angkatan Udara AS, dana pengadaan sebesar 70 juta dolar telah tersedia untuk pesanan pengiriman awal.

Hingga saat ini, Global Express telah memodifikasi Global 6000 untuk keperluan militer sejumlah negara.

  • GlobalEye multi-role AEW&C, adalah Global 6000 menggunakan radar AESA ER Erieye buatan SAAB untuk United Arab Emirates Air Force.
  • Project Dolphin: konversi dua Global 6000 oleh Marshall menjadi pesawat surveillance untuk United Arab Emirates.
  • Raytheon Sentinel adalah pesawat surveillance digunakaan Royal Air Force
  • Saab Swordfish sebagai pesawat patroli maritim.
  • E-11A, Global 6000 untuk USAF sebagai Battlefield Airborne Communications Node.

Share.

About Author

Leave A Reply