Siap Bertarung, Indonesia Ikuti International Army Games 2021 di Rusia untuk Pertama Kalinya

0

MYLESAT.COM – Indonesia dalam hal ini TNI, akan mengikuti untuk pertama kalinya International Army Games 2021di Rusia. International Army Games 2021 akan berlangsung pada 22 Agustus – 4 September 2021. Tantangan bagi prajurit TNI untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di antara prajurit dari 40 negara.

Baca Juga:

Laporan Eksklusif Athan Indonesia di Moskow yang Menghadiri Forum Army 2020 dan Army Games 2020

Mayjen TNI (Purn) Yan Louhenapessy, Sip: 45 tahun Operasi Seroja, Mengenang Peran Armed yang Nyaris Terlupakan

Army Games merupakan kompetisi ketangkasan militer internasional. Forum ini merupakan wadah demonstrasi perkembangan teknologi persenjataan dan peralatan militer serta dialog internasional yang melibatkan mitra industri pertahanan, ilmuwan dan pakar militer dalam menghadapi tantangan global dan sekaligus meningkatkan rasa saling percaya (mutual trust).

Kepastian bahwa Indonesia akan mengikuti International Army Games 2021 disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia dalam pengumuman yang dikeluakran pada Kamis (3/6/2021).

Selain Indonesia, lomba antar angkatan bersenjata dunia ini juga akan menjadi debut bagi Arab Saudi.

Army Games 2020 di Novosibirsk, Rusia. Foto: TASS

“Empat negara yaitu Burkina Faso, Indonesia, Peru, dan Arab Saudi akan mengikuti kompetisi untuk pertama kalinya,” bunyi pernyataan Kemenhan Rusia.

Menurut rilis ini, terhitung per 1 Juni, sudah 277 tim dari lebih 40 negara menyatakan keikutsertaannya dalam International Army Games tahun ini.

Kompetisi akan digelar di wilayah beberapa negara. Rusia akan menjadi tuan rumah 16 kontes sementara Belarus, China dan Iran masing-masing akan mengadakan tiga kompetisi.

Vietnam, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Mongolia masing-masing akan menjadi tuan rumah dua kompetisi. Sedangkan Aljazair, Armenia, Serbia, dan Qatar akan menggelar satu kompetisi.

Pada 3 Juni 2021, konferensi perencanaan internasional ke-3 terakhir diadakan di Patriot Congress and Exhibition Center dihadiri perwakilan dari negara penyelenggara Olimpiade, militer, dan korps diplomatik.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Atase Pertahanan RI di Kedubes Moskow, Kolonel Pnb Firman Dwi Cahyono. Kolonel Firman memimpin asistensi delegasi Indonesia selama berlangsungnya rapat di Park Patriot, Kubinka.

Keikutsertaan Indonesia dalam Army Games 2021 akan menjadi kesempatan besar bagi prajurit TNI untuk menguji kemampuan dan doktrin.

Menjelang dibukanya kompetisi ini, TNI sudah mengirim delegasi ke Rusia yang berjumlah 10 orang. Mereka terdiri dari Sops TNI, Kemhan, Kopassus, Kopaska, dan Sops Udara.

Menurut informasi yang mylesat.com terima tim pendahulu harus datang lebih awal untuk mempersiapkan kompetisi.

“Karena harus mengikuti rapat 3rd International Planning Conference,” jelas Atase Laut RI di Kedubes Moskow, Kolonel Laut (S) Ariyan Dilli Louhenapessy yang merupakan perwira Kopaska TNI AL.

Ditambahkannya, delegasi Indonesia tiba di Rusia pada 3 Juni. Selanjutnya pada 4-5 Juni, tim Sops TNI dan tim Kopassus berangkat ke Kota Ryazan mengecek lokasi lomba. Ryazan berada di tenggara Moskow.

Prajurit Kopassus akan mengikuti lomba pasukan khusus Polar Star di Belarus dan Tactical Shooter di kota Ryazan, Rusia. Atase Darat di Kedubes RI, Kolonel Inf Troy Hutagalung mendampingi asistensi rapat persiapan tim Kopassus selama di Moskow dalam menghadapi Army Games 2021.

Panitia menyiapkan semua kebutuhan peserta selama Army Games 2021, seperti terlihat dalam brosur ini.

Sedangkan untuk materi Depth (Selam Militer), akan diikuti tim Kopaska yang berlangsung di Iran. Kopaska pernah menjadi observer dalam perlombaan serupa di Iran pada 2018. Kolonel Louhenapessy  mendampingi asistensi rapat persiapan tim Kopaska selama di Moskow dalam menghadapi kejuaraan Depth Army Games 2021.

Menurut Kolonel Louhenapessy, semua perlombaan dalam Army Games 2021 dibagi ke dalam beberapa cabang ketangkasan angkatan bersenjata. Dijelaskannya, army dalam pengertian bahasa Rusia adalah armiyaa yaitu angkatan bersenjata.

Kita doakan semoga prajurit TNI yang akan berlaga dalam Army Games 2021 di Rusia dan Iran, akan meraih prestasi terbaik. Tidak hanya akan mengharumkan nama bangsa dan negara, tapi juga credit point bagi TNI.

Share.

About Author

Leave A Reply