Wisuda 91 Sarjana Taruna Tingkat IV AAU, KSAU Apresiasi Peraih Adhi Makayasa dan 10 Cum Laude

0

MYLESAT.COM – Hari ini, Rabu 16 Juni 2021, menjadi saat yang paling membahagiakan bagi 91 Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Udara (AAU). Apa pasal, karena KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo telah menutup pendidikan sekaligus mewisuda Sarjana Taruna Tingkat IV AAU Tahun 2021.

“Dengan mengucap Alhamdulillah, secara resmi saya menutup pendidikan dan mewisuda sarjana Taruna AAU Tahun 2021,” ujar KSAU Marsekal Fadjar di podium dilanjutkan mengetok palu tanda resminya keputusan tersebut.

Penutupan berlangsung di Gedung Sabang – Merauke yang berada di komplek AAU, Yogyakarta.

Sebanyak 91 taruna dan taruni AAU telah meraih prestasi terbaik yang sanggup diraih masing-masing individu.

Mereka telah mengikuti semua materi pendidikan sejak pertama kali diterima pada 2017. Diawali pendidikan Candradimuka di Akmil, Magelang dan melanjutkan hingga selesai di AAU.

“Saya sangat senang, bahagia sekaligus terharu dengan pencapaian hari ini,” ungkap Sermatutar Anissa Angela kepada mylesat.com. Sermatutar Anissa yang kelahiran 7 April 1997 ini berasal dari Surabaya.

Dari 91 taruna dan taruni yang diwisuda KSAU hari ini, terdiri dari 82 taruna dan 9 taruni.

“Tahapan pendidikan di Akademi Angkatan Udara tentunya penuh tantangan. Tidak sedikit waktu, tenaga, dan pikiran harus kalian curahkan untuk berada pada titik ini,” ucap KSAU kepada para wisudawan memberi apresiasi.

Karena itu secara khusus saat memberikan sambutan, KSAU mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan penempaan selama kurang lebih empat tahun di Bumi Maguwo.

KSAU meminta para wisudawan untuk menjadikan pencapaian ini sebagai momen membanggakan, sekaligus sebuah kehormatan yang harus dijaga di mana pun dan kapan pun bertugas.

“Saya juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada para orang tua, yang saat ini bergabung melalui siaran live streaming atas dukungan kepada putra putrinya selama melaksanakan pendidikan di lembaga pendidikan terhormat ini,” tutur Marsekal Fadjar.

KSAU juga memberikan apresiasi kepada Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso yang telah memimpin lembaga pendidikan terhormat ini dengan sangat baik. Keberhasilan itu terbukti dari output (wisudawan) yang meraih prestasi mengagumkan.

Dengan telah selesainya pendidikan di AAU yang dijalani para taruna dan taruni, beberapa di antara mereka meraih prestasi terbaik.

Itu sebabnya KSAU Marsekal Fadjar memberikan ucapan selamat kepada Sermatutar Laode Abdul Muis sebagai wisudawan terbaik dan berhak menyandang penghargaan Adhi Makayasa sekaligus peraih Adhi Sakti Elektronika.

Juga kepada Sermatutar Annisa Angelia sebagai peraih Adhi Sakti Aeronautika dan Sermatutar Diah Ayu Novitasari sebagai peraih Adhi Sakti Teknik Manajemen Industri.

Secara umum dari 91 taruna, sebanyak 43 taruna dan taruni meraih nilai di atas 82. Sehingga tidak heran sebanyak 10 taruna dan taruni berhak atas prestasi akademik tertinggi yaitu cum laude.

Tidak lah mudah meraih predikat ini di lingkungan akademi militer yang dikenal keras, disiplin, dan tegas.

Predikat cum laude diberikan taruna yang meraih prestasi terbaik dari semester 3 hingga 8. Dalam kriteria ini, mereka harus memenuhi setidaknya lima syarat.

Yaitu tidak pernah turun pangkat, tidak pernah tunda pangkat, tidak pernah turun tingkat, tidak pernah melakukan pelanggaran, dan tidak pernah mendapat nilai C.

Mereka adalah Anissa Angela, Dentang Perdana, Tutuko Digdoyo Wahyu Wicaksono, Veronika Vinelia Saragi Sidabutar, Marsa Fuad Deniar Subur, Burhanudin Ihsan Setyanto, Muhamad Aditya Rama, Mochamad Jihad Fisabilillah, Diah Ayu Novitasari, dan Ahmad Jauhar Asidiq.

Sedangkan peraih Sastra Viratama Jaya yaitu tugas akhir terbaik, diraih Adetya Riznanda, iwang Renangga, dan Burhanudin Ihsan Setyanto.

Kesemua taruna dan taruni yang diwisuda KSAU pada hari ini sudah memiliki gelar sarjana strata 1 dengan nama S.Tr (Han).

Pelantikan para perwira muda Akademi TNI dan Polri oleh Presiden Joko Widodo yang dikenal dengan istilah Prasetya Perwira (Praspa Perwira), rencananya akan dilaksanakan di Istana Merdeka pada 13 Juli 2021.

“Saat pangkat perwira disematkan pada pundak kalian, saat itu pulalah melekat kehormatan, kebanggaan, keteladanan, dan amanah yang harus senantiasa dijaga dan dipelihara sepanjang masa,” ungkap KSAU kepada para taruna.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply