Pecah Telur, Honda Aircraft Kirim HondaJet Elite S ke Pembeli Pertama di Amerika

0

MYLESAT.COM – Industri raksasa Jepang yang di Indonesia dikenal sebagai produsen papan atas otomotif ini, menyerahkan pesawat HondaJet Elite S kepada pembeli yang dirahasiakan, Senin (19/7/2021).

Menurut rilis perusahaan Honda Aircraft, pihaknya telah menyerahkan HondaJet Elite S pertama dengan registrasi N712LV dengan skema warna biru es kepada pelanggan yang dirahasiakan pada minggu lalu.

Meski tidak mencantumkan identitas pembeli, di akun registry.faa.gov bisa terlihat bahwa pesawat dibeli atas nama Skyegrace LLC di kota Camden, Delaware, Amerika Serikat

Elite S model terbaru yang diluncurkan akhir Mei, memiliki sejumlah pembaruan.

Di antaranya peningkatan bobot maksimal lepas landas (MTOW) 200 pon, disertifikasi FAA dalam pembaruan lembar data sertifikat tipe HondaJet pada 7 Juli untuk S/Ns 42000207.

Menurut sertifikat tipe, HondaJet Elite S memiliki bobot pendaratan maksimum (maximum landing weight) 10.160 pon dan maximum zero fuel weight sebesar 9.100 pon.

Perubahan pada suite avionik G3000 termasuk radio datalink Com 3 serta FAA Data Comm dan kemampuan komunikasi, pengalamatan, dan sistem pelaporan pesawat (ACARS).

Honda dikenal dengan kemewahannya. Hal itu turut diterapkan pada HondaJet Elite S. Perhatikan penempatan mesin yang unik. Foto: Honda

Radio Com 3 juga dapat digunakan sebagai radio VHF dengan menonaktifkan datalink-nya.

Sistem augmentasi kemudi canggih (ASAS) pada roda pendarat depan (nosewheel) mewujudkan logika kontrol di kemudi nosewheel untuk membantu pilot selama proses pendaratan.

Hal ini dilakukan dengan mendeteksi yaw rate dari HondaJet dan “memberikan bantuan arah ke kemudi nosewheel untuk meningkatkan stabilitas, guna membantu pesawat tetap pada garis tengah landasan pacu selama meluncur.

Sistem baru ini disebut mengurangi beban kerja pilot selama peluncuran pendaratan dan memberikan tingkat keamanan tambahan selama pendaratan.

Di antara keunikan desain HondaJet Elite S adalah mesin yang berada di atas sayap (over the wing engine mount).

Berapa harga dasar pesawat ini?

Honda memberikan banderol untuk HondaJet Elite S sebesar 5,4 juta dolar AS atau Rp 70 miliar lebih. Model Elite sebelumnya dibanderol seharga 5,25 juta dolar.

Adakah kaum jet-set tanah air yang berminat membelinya?

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply