Welcome to The Club, Nigeria Terima Batch Pertama 6 Pesawat Serang Darat A-29 Super Tucano

0

MYLESAT.COM – Nigeria akhirnya bergabung dengan negara-negara yang selama ini sudah menjadi operator pesawat serang darat Embraer/Sierra Nevada A-29 Super Tucano.

Batch pertama enam pesawat latih A-29 Super Tucano meninggalkan Amerika Serikat pada 14 Juli untuk melaksanakan ferry flight ke Nigeria.

Jarak yang tidak dekat ini harus ditempuh dengan beberapa kali pemberhentian. Mulai dari Kanada, Greenland, Islandia, Spanyol, dan Aljazair.

A-29 Super Tucano akan secara resmi dimasukkan ke dalam Angkatan Udara Nigeria (NAF) pada upacara yang akan diadakan pada Agustus.

Menyusul beberapa penundaan, kontrak untuk 12 pesawat A-29 ditempatkan oleh Departemen Pertahanan AS atas nama Nigeria dengan Sierra Nevada Corporation (SNC) dan Embraer Defense & Security pada November 2018.

Negara ini menjadi angkatan udara ke-14 yang mengadopsi tipe ini. Kontrak tersebut menyediakan sistem darat yang komprehensif, pelatihan, dan paket dukungan termasuk perwakilan servis lapangan.

Pesawat dibangun di pabrik Embraer di Jacksonville, Florida, sebelum dimodifikasi oleh Sierra Nevada Corporation (SNC) di Centennial di Colorado.

Sejumlah batch pertama telah ditempatkan di Moody Air Force Base di Georgia untuk pelatihan pilot dan teknisi.

Gelombang kedua enam pesawat akan menyusul sekitar akhir tahun. Gambaran awal yang dirilis SNC memperlihatkan sebuah pesawat dalam skema “gurun” dua warna pasir. Namun gambar berikutnya menunjukkan pesawat dengan kamuflase “hutan” hijau/coklat.

Pengadaan A-29 Super Tucano adalah bagian dari upaya Angkatan Udara Nigeria untuk meningkatkan daya serangannya saat menghadapi gerilyawan Negara Islam dan Boko Haram, terutama di utara negara.

A-29 adalah platform yang ideal untuk operasi kontra-terorisme dan irregular warfare operations.

Pada Mei tahun ini, Angkatan Udara Nigeria menambahkan tiga jet tempur PAC JF-17 Thunder untuk familiarisasi dengan kemungkinan pengadaan 40 pesawat dari Pakistan.

Nigeria juga mengklaim pada Maret lalu telah memesan 24 pesawat tempur Leonardo M-346FA, meskipun pabrikan membantah bahwa pesanan pasti telah dilakukan.

Sementara teknisi Angkatan Udara Nigeria telah bekerja keras untuk mengembalikan sejumlah aset pesawat tempur yang sudah pensiun ke status operasional.

Termasuk pesawat latih bersenjata Dassault Alpha Jet, Aero L-39ZA Albatros, dan Chengdu F-7Ni.

Embraer EMB 314 Super Tucano atau A-29 Super Tucano termasuk pesawat yang laris manis. Total sudah lebih 200 unit yang dibuat.

Menyebut operatornya terdiri dari Afghanistan, Brazil, Chili, Kolombia, Republik Dominika, Ekuador, Honduras, Indonesia, Lebanon, Mauritania, Nigeria, Filipina, dan Amerika Serikat.

Welcome to the club.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply