Siang Ini, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo Akan Pilih 140 Catar AAU untuk Ikuti Pantukhir Integratif Minggu Depan

0

MYLESAT.COM – Pagi ini, Kamis (22/7/2021), KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) Tingkat Pusat Penerimaan Calon Taruna Taruni AAU Tahun 2021. Sidang yang dilaksanakan di Skadron Pendidikan (Skadik) 401, Solo, Jawa Tengah di tengah pandemi Covid-19, dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan. Sehingga pelaksanaannya pun di luar kebiasaan.

Jika sebelumnya para calon dihadapkan langsung di depan KSAU dan panitia seleksi, saat ini hanya ditampilkan secara audio visual. Calon menampilkan diri di luar ruangan sidang dan kemudian ditampilkan secara real time kepada KSAU dan panitia sidang dari sebuah layar berukuran besar.

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo mimimpin Pantukhir secara audio visual sesuai protokol kesehatan. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Sebelum memimpin sidang Pantukhir Tingkat Pusat Penerimaan Calon Taruna Taruni AAU Tahun 2021, KSAU yang tiba di Skadik 401 sekitar pukul 08.00 WIB, terlebih dahulu menyapa keseluruhan Calon Taruna (Catar) dan Taruni.

Sebanyak 257 Catar yang mengikuti seleksi pagi ini, berbaris di bagian samping Balai Prawiratama, Skadik 401.

Dari hasil seleksi bertahap yang telah dilakukan sebelumnya, terpilih 257 Catar yang berhak mengikuti seleksi tingkat pusat hari ini. Mereka terdiri dari 227 orang pria dan 30 orang wanita.

Sementara mengikuti alokasi jumlah taruna dan taruni AAU yang akan diterima pada tahun anggaran 2021 ini, berjumlah 140 orang dengan rincian 130 pria dan 10 wanita.

Karena ketatnya persaingan yang harus dijalani oleh ribuan remaja dari seluruh wilayah di tanah air ini, tentu pada akhir sidang hari akan tereliminasi 117 orang peserta.

Seleksi tingkat pusat TNI AU ini dilaksanakan selama tiga minggu.

Peserta Pantukhir mendengarkan briefing singkat KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo sebelum memulai sidang Pantukhir. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Untuk itu pada saat menyapa para Catar pagi ini, KSAU Marsekal Fadjar tak lupa memberikan semangat kepada seluruh peserta.

“Apapun hasil yang nanti akan diumumkan, itu adalah yang terbaik buat kalian. Jangan putus asa dan kecewa, karena kalian masih ada kesempatan untuk mengikuti lagi tahun depan. Siapkan kembali diri kalian,” ujar KSAU.

KSAU bahkan masih memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengangkat tangan sebagai tanda mengundurkan diri sebelum sidang dimulai. “Saya hitung sampai 5, yang tidak bersedia melanjutkan silakan angkat tangan, silakan kembali,” kata KSAU. Semua bergeming, mantap pada pilihannya.

Kepada seluruh peserta, KSAU juga menegaskan bahwa dunia militer dipenuhi dengan disiplin dan hirarki yang ketat. Oleh sebab itu, tutur KSAU, buang jauh-jauh sikap cengeng dan bermalas-malasan.

Saat membuka sidang Pantukhir Tingkat Pusat Penerimaan Calon Taruna Taruni AAU Tahun 2021, KSAU menyampaikan bahwa keputusan yang akan diambil pada hari ini adalah yang terbaik dan menentukan kualitas SDM TNI AU di masa depan.

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo memberikan pengarahan singkat. Foto: beny adrian/ mylesat.com

“Kita akan melihat langsung kondisi para calon taruna dan taruni AAU yang selanjutkannya akan diputuskan calon yang berhak diberangkatkan ke Magelang untuk mengikuti sidang Pantukhir Integratif yang akan dipimpin Panglima TNI,” kata Marsekal Fadjar.

“Kita akan menentukan 130 calon taruna dan 10 calon taruni yang akan mengikuti Pantukhir Integratif dan melaksanakan pendidikan di Magelang,” urai KSAU lagi.

Sesuai namanya Pantukhir, secara umum seluruh peserta yang bisa sampai ke tahap ini adalah yang terbaik. Namun karena perjalanan waktu selama masa seleksi dan di tengah pandemi, beberapa calon menyisakan catatan. Untuk itulah dibutuhkan Pantukhir yang akan memeriksa catatan terakhir tersebut.

KSAU sempat memanggil salah satu peserta yang memiliki catatan khusus, dan meminta panitia memeriksa kembali rekam fisiknya.

Termasuk beberapa calon yang dinyatakan positif Covid-19 sehingga harus menjalani isolasi dan tidak bisa mengikuti sidang Pantukhir. Sementara dari catatan panitia, mereka dinyatakan memiliki nilai yang bagus. Mereka ini tetap memiliki peluang.

Peserta Pantukhir berdiri di hadapan kamera yang ditayangkan secara langsung ke ruang sidang. Foto: beny adrian/ mylesat.com

“Kita akan bahas dalam sidang ini solusi bagi calon yang hasil seleksinya baik namun positif Covid-19,” jelas Marsekal Fadjar.

Karena itu, KSAU mengingatkan kepada panitia seleksi untuk betul-betul menjaga kesehatan peserta yang dinyatakan lolos hari ini agar dalam kondisi baik saat diberangkatkan ke Magelang.

“Saya ingin menyampaikan kembali komitmen saya tentang betapa pentingnya pembangunan dan peningkatan kualitas SDM TNI AU sebagai prioritas utama guna mewujudkan TNI AU yang semakin disegani,” ungkap KSAU.

KSAU juga menyinggung tranparansi yang harus dipertahankan selama proses penerimaan calon taruna ini.

Karena, kata KSAU, penerimaan prajurit yang direncanakan dengan baik dan dikelola secara jujur dan transparan, adalah langkah awal yang paling menentukan kualitas SDM TNI AU di masa datang.

“Oleh karena itu saya mengajak seluruh peserta sidang untuk memanfaatkan momen Pantukhir ini untuk memilih secara objektif, adil, dan transparan,” tegas KSAU. Ditambahkan KSAU, singkirkan kepentingan pribadi atau hal lain di luar kepentingan TNI AU.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin sidang Pantukhir Tingkat Pusat Penerimaan Calon Taruna Taruni AAU Tahun 2021. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Disampaikan Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) TNI AU Marsma TNI Aminto Senisuka, sebanyak 4.097 orang tercatat mengikuti seleksi taruna AAU tahap awal dari seluruh provinsi.

Mereka terdiri dari 3.303 orang pria dan 794 wanita. Namun yang terkonfirmasi melakukan pendaftaran ulang sebanyak 2.546 orang yang terdiri dari 2.183 pria dan 363 wanita.

Bobot penilaian dalam materi seleksi terdiri dari aspek psikologi 50 persen, jasmani 30 persen serta Akademi dan TPA (Tes Potensi Akademik) 20 persen.

“Akhirnya pada hari ini, dengan mengharapkan ridho Allah SWT, Kamis, 22 Juli 2021 pukul 08.15 WIB, sidang Pantukhir Pusat Penerimaan Taruna AAU Tahun 2021 saya nyatakan dengan resmi dibuka,” KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menutup sambutannya.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply