Siasati Pasar, JetBlue Layanani Rute Transatlantik dengan Pesawat Narrowbody Airbus A321LR

0

MYLESAT.COM – Penerbangan perdana JetBlue dari New York ke London mendarat di Bandara Heathrow di Inggris pada Kamis (12/8/2021) pagi. Penerbangan langsung ini memberikan dorongan simbolis pada harapan untuk membuka kembali layanan transatlantik terjadwal yang telah berantakan sejak pandemi Covid-19.

Maskapai AS telah bersiap untuk meluncurkan layanan menggunakan pesawat Airbus A321LR ini selama beberapa bulan.

Rencana ini hanya dapat dilanjutkan setelah pemerintah Inggris mencabut persyaratan karantina untuk pelancong yang divaksinasi dari AS pada 2 Agustus.

Setelah meluncurkan layanan nonstop harian antara Bandara Internasional John F. Kennedy di New York dan Heathrow di Inggris, JetBlue berencana menawarkan penerbangan ke Bandara London Gatwick, mulai 29 September.

Rencana ini juga meminta layanan nonstop ke London dari Boston.

Pada 9 Agustus, FAA memberikan JetBlue izin operasi pesawat bermesin mesin kembar (ETOPS) yang diperlukan untuk rute transatlantik.

Kabin pesawat Airbus A321LR (Long Range) dilengkapi 114 kursi standar dan 24 “suite” Mint sebagai layanan premium, mencakup kursi berbaring dan pintu geser.

Pada April, Airbus mengirimkan pesawat pertama dari 13 A321LR pesanan JetBlue. Pesawat menampilkan interior kabin “Airspace” baru yang dirancang untuk memberikan kenyamanan lebih dalam penerbangan jarak jauh.

A321LR disertifikasi untuk terbang hingga 4.000 Nm, sehingga cocok untuk rute transatlantik pada saat permintaan tidak tepat ditangani dengan pesawat berbadan lebar.

JetBlue telah mengonversi 13 pesanan Airbus A321 lainnya ke versi Extra-Long-Range yang baru. Untuk memperluas jangkauan A321, Airbus menambahkan tiga tangki bahan bakar tengah.

“Saat kita keluar dari pandemi dan pasar internasional pulih, A321LR akan memposisikan JetBlue untuk menawarkan perjalanan jarak jauh dengan tingkat layanan pelanggan tertinggi dengan biaya dan risiko terendah,” kata ketua dan CEO Airbus Americas Jeffrey Knittel.

JetBlue terus maju dengan peluncuran layanan Heathrow meskipun fakta menunjukkan bahwa pelancong Inggris masih dilarang dari AS karena pembatasan.

Pemerintah Inggris berharap langkah sepihaknya untuk menangguhkan persyaratan karantina bagi pengunjung dari AS akan dibalas. Namun Administrasi Biden menjelaskan akan tetap dengan pembatasan yang ada.

Meskipun demikian, pada Juli 2021, Bandara Heathrow mencatat angka penumpang bulanan tertinggi sejak awal pandemi Covid, dengan sekitar 1,5 juta penumpang melewati hub.

Data ini menandai peningkatan 74 persen dari Juli 2020, tetapi masih lebih dari 80 persen di bawah level Juli 2019.

JetBlue Airways adalah maskapai penerbangan berbiaya rendah Amerika Serikat, dan maskapai penerbangan terbesar ketujuh di Amerika Utara berdasarkan jumlah penumpang yang dibawa.

JetBlue Airways berkantor pusat di Long Island City di wilayah Queens Kota New York. Maskapai yang memulai operasi awal tahun 2000 ini memiliki kantor di Utah dan Florida.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply