Untuk Alasan yang Tidak Dijelaskan, Arab Saudi Pilih Ranpur Kozak-5 dari Ukraina

0

MYLESAT.COM – Militer Kerajaan Arab Saudi membuat pilihan sendiri. Dilaporkan bahwa Arab Saudi telah menerima pengiriman sejumlah kendaraan lapis baja Kozak-5 buatan Praktika dari Ukraina. Pasukan khusus Arab Saudi disebut sebagai pemesan Kozak-5.

Meski pengadaannya sedikit dirahasiakan, namun tetap terendus bahwa pasukan khusus Arab Saudi telah menerima sejumlah kendaraan lapis baja Kozak-5. Pengiriman itu akhirnya dibenarkan CEO Practika, Oleg Vysotsky pada 12 Agustus 2021.

Dalam kerangka dua kontrak dengan Arab Saudi, Kiev Research and Production Association Praktika telah mengirimkan total 60 kendaraan lapis baja Kozak-5 yang dilengkapi pendingin ruangan. Menurut Oleg Vysotsky, ini mungkin kontrak ekspor terbesar Ukraina untuk pasokan peralatan militer tahun ini.

Untuk tujuan apa Arab Saudi membeli kendaraan lapis baja Ukraina ini, tidak dilaporkan. Namun di Ukraina sendiri, ranpur ini diposisikan sebagai kendaraan khusus untuk polisi dan pasukan khusus.

“Praktika telah menerapkan dua kontrak ekspor tahun ini, termasuk dengan Arab Saudi,” kata Oleg Vysotsky. Oleg menyinggung rencana perusahannya untuk berpartisipasi dalam pameran pertahanan di Arab Saudi dalam waktu dekat.

Pihak Praktika mengatakan bahwa Kozak-5 adalah kendaraan lapis baja ringan untuk pasukan khusus, yang dirancang untuk melakukan tugas kepolisian atau bantuan militer.

Total 60 unit Kozak-5 sudah dikirim ke Arab Saudi. Foto: en.topwar.ru

Kozak-5 sangat pas untuk mendukung manuver kelompok kecil. Karena itu ranpur ini dilengkapi pelindung diri untuk menghadapi kontak senjata skala kecil. Juga dapat dilengkapi dengan tangga untuk serangan gedung.

Disebutkan bahwa mesin berbobot sepuluh ton ini dapat menampung delapan orang dan memiliki perlindungan STANAG 4569 level 2 (7,62×39 mm dan detonasi 155 mm).

Sebagaimana dicatat perusahaan, adalah fitur utama Kozak-5 dengan karakteristik dinamis yang luar biasa karena rasio power-to-weight yang sangat tinggi (34,5 HP/t). Kecepatan jalan maksimum kendaraan adalah 150 km/jam.

Terlepas dari kenyataan bahwa Kozak-5 lulus tes pada 2016, namun militer Ukraina lebih memilih Kozak-2.

Hingga 2019, hanya 10 ranpur yang dibuat, delapan dari yang sudah selesai diterima oleh Layanan Darurat Negara Ukraina (GSCHS). Selanjutnya, ditawarkan untuk ekspor.

Ford F550

Kozak-5 dikembangkan dari sasis truk 4×4 Ford F550 dengan transmisi Ford TorqShift otomatis dan sasis yang diperkuat secara khusus. Selain itu juga dilakukan penguatan pada gardan depan, suspensi dan penguatan rem serta pemasangan roda yang lebih besar.

Kozak-5 pertama kali terlihat pada 24 Agustus 2009 dalam peringatan Hari Kemerdekaan Ukraina. Karena belum ada permintaan, hanya dua kendaraan yang dibuat hingga Maret 2014.

Ranpur ketiga yang dikenal sebagai Kozak-2014, dibuat pada November 2014. Maret 2015, ranpur ini dipersenjatai dengan senapan mesin NSV kaliber 12,7 mm.

Varian lainnya dari Kozak-2014, dibuat tahun 2015 dan dipersenjatai dengan anti-tank guided missile. Pada Mei 2015 th, ranpur ini terlihat diu medan latihan 169th Training Centre.

Kementerian Pertahanan Ukraina melaksanakan uji perbandingan terhadap 11 ranpur dari berbagai perusahaan pada awal 2016. Namun hanya tiga yang lolos uji, termasuk Kozak-2M1.

Dalam pengujian yang dilakukan Kemenhan Ukraina, Kozak-2M1 harus melewati lebih dari 50 teknik dan simulasi medan pertempuran.

Menhan Ukraina Stepan Poltorak, pada 21 Maret 2017 menandatangani dekrit 158 tentang adopsi kendaraan lapis baja Kozak-2 untuk Angkatan Bersenjata Ukraina.

Sekitar 100 unit telah digunakan oleh Ukraina.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply