Kolonel Pnb Putu Sucahyadi, Alumni AAU 1999 Jadi Komandan Upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan RI

0

MYLESAT.COM – Apakah menjadi Komandan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Merdeka jadi impian setiap perwira? Boleh jadi, betul. Namun tentu tidak mudah untuk bisa berdiri memimpin pasukan upacara di hadapan Presiden Repubik Indonesia.

Kesempatan itu diperoleh Kolonel Pnb Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S. sebagai Komandan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Penunjukkan penerbang helikopter ini tentu tidak hanya menjadi kebanggaan pribadinya, akan tetapi juga bagi TNI AU. Karena untuk menjadi komandan upacara di hari kemerdekaan, hanya ada dua perwira TNI berpangkat kolonel yang ditunjuk.

Kepastian siapa di antara mereka yang akan memimpin pasukan, pun disampaikan last minute. Sehingga ketika satu nama disebutkan, itulah keputusan terbaik.

Disaksikan jutaan pasang mata warga Indonesia melalui layar televisi, Kolonel Pnb Putu Sucahyadi melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Langkah tegap, sikap patah-patah dan suara lantang, menunjukkan hasil pelatihan yang telah dilalui.

Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari pembinaan personel yang diselenggarakan TNI AU, sehingga Kolonel Putu mampu tampil dalam acara-acara kenegaraan.

Mayor Pnb Putu Sucahyadi saat menjadi anggota tim aerobatik Jupiter.

Sebelum terpilih sebagai komandan upacara, Kolonel Putu telah melalui berbagai seleksi secara ketat. Hingga akhirnya tergabung dalam delapan calon terpilih yang dipersiapkan sebagai calon Komandan Upacara HUT Ke-76 RI di Istana Merdeka.

Semua calon komandan upacara tersebut, merupakan calon terbaik hasil seleksi nasional yang telah diselenggarakan.

Keputusan dipilihnya Kolonel Pnb Pnb Putu Sucahyadi tentunya berdasarkan berbagai aspek penilaian. Di antaranya sikap, suara, ketegapan, konsentrasi, postur, psikologi, dan juga kemantapan langkah.

Pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977 ini merupakan alumni Akademi Angkatan Udara 1999.

Berbagai jabatan strategis di lingkungan TNI AU telah dilaluinya dengan gemilang. Saat ini, Kolonel Pnb Putu Sucahyadi dipercaya menjabat Asisten Operasi Kosekhanudnas II di Makassar.

Di lingkungan TNI AU, suami dari Gusti Ayu Riana Anomsari A.P ini terlahir sebagai penerbang helikopter TNI AU di Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma.

Meskipun demikian, Kolonel Putu juga memiliki pengalaman sebagai bagian dari tim aerobatik TNI AU, yaitu Jupiter Aerobatik Team (JAT) menggunakan pesawat KT-1B Wongbee.

Bagi Kolonel Putu, tampil di Istana Merdeka saat peringatan HUT Kemerdekaan RI merupakan pengalaman keduanya.

Sebelumnya, mantan Danlanud Jenderal Besar Soedirman (Jbs) tahun 2017 ini, pernah terpilih sebagai Komandan Paskibraka benerapa tahun lalu di Istana Merdeka.

Tampil dengan kepercayaan diri yang tinggi, putra pasangan I Nyoman Djapa dan Itjeh Sopiah ini mampu menjalankan tugasnya dengan sangat baik dalam memimpin pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tahun 2021 di Istana Merdeka, Jakarta.

Bravo…

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply