Hari Ketiga Latma PAR-21, Asops KSAU Tinjau Penerjunan CDS di AWR Rambang

0

MYLESAT.COM – Memasuki hari ketiga, Asisten Operasi KSAU MArsda TNI M. Khairil Lubis meninjau latihan bersama (Latma) Pacific Airlift Rally (PAR) 2021 di Lombok Nusa Tenggara Barat, Kamis (9/9/2021). Latma PAR 2021 diikuti oleh TNI AU dan United States of Pacific Command Air Force (US PACAF).

Asops KSAU datang untuk meninjau langsung latihan dropping zone CDS (Container Delivery System) di Area Weapon Range (AWR) Lanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Rambang Lombok Timur.

CDS seberat 600 kg ini diterjunkan dari pesawat Hercules. Foto: Dispenau

Latihan PAR-21 bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemahiran penerbang C-130 Hercules kedua negara dalam rangka misi kemanusiaan, memberikan bantuan dan penanganan bencana melalui media udara yaitu melaksanakan penerjunan barang, untuk membantu korban bencana alam yang lokasinya tidak dapat ditembus melalui jalan darat.

Pada kesempatan ini Asops KSAU didampingi Paban III Latiihan Staf Operasi Angkatan Udara Kolonel Pnb M. Mujib dan Komandan Lanud ZAM Kolonel Pnb Khairun Aslam.

Skenario latihan hari ketiga ini, dua pesawat C-130 dari TNI AU dan USAF dengan callsign Kanto Flight, lepas landas dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) menuju daerah sasaran dan akan melaksanakan penerjunan barang secara bergantian.

Pesawat Hercules TNI AU dari Skadron Udara 33 Lanud Hasanuddin Makassar, dipiloti Mayor Pnb Pratama Ivandi, membawa satu bundel CDS seberat 600 kg dan akan diterjunkan ke dropping zone dengan ketinggian 600 kaki.

Pesawat C-130 Hercules TNI AU, menerjunkan CDS dari ketinggian 600 kaki dalam Latma PAR-21. Foto: Dispenau

Semantara pesawat C-130J Super Hercules dari USPACAF yang dipiloti Captain Blake Stokes, juga menerjunkan satu bundel CDS dari ketinggian 600 kaki seberat 500 kg.

Disela-sela Latihan bersama Pacific Airlift Rally 21, dilaksanakan Military Band SMEE yaitu pertemuan antar komandan musik militer dari kedua negara.

Di kesempatan tersebut dilaksanakan rekaman dan pembuatan video klip lagu kopi dangdut. Adapun pengambilan video klip bertempat di area Hotel Aruna, Lombok.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply