Sempat Jadi Momok, Rusia Berhasil Lumpuhkan 6 Drone Bayraktar TB2 Ukraina

0

MYLESAT.COM – Sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan invasi besar-besaran ke wilayah Ukraina pada 24 Februari 2022, Angkatan Bersenjata Ukraina dilaporkan telah kehilangan enam wahan terbang tak berawak Bayraktar TB2. Jumlah ini diperkirakan hampir 20 persen dari perkiraan armada aktif.

Bayraktar TB2 adalah drone MALE (medium-altitude long-endurance) yang dibekali kemampuan tempur (UCAV) untuk bertempur baik dengan dikendalikan mupun (remotely controlled) atau beroperasi otonom (autonomous flight operations).

Analis intelijen sumber terbuka melaporkan bahwa pada 28 April, tiga bulan setelah perang, Ukraina dilaporkan telah kehilangan enam sistem pesawat tak berawak Bayraktar TB2 buatan Turki.

Di tengah invasi Rusia ke Ukraina, drone Bayraktar TB2 sukses melawan tank tempur utama Rusia dan kendaraan militer lainnya. Kyiv mengklaim bahwa pesawat tak berawaknya telah menghancurkan beberapa ratus kendaraan lapis baja Rusia.

Drone tempur Ukraina seperti Bayraktar, menunjukkan keefektifannya melawan sistem pertahanan udara Rusia.

Angkatan udara dan pertahanan udara Rusia sedang memburu drone Ukraina, tetapi masih tidak dapat mengatasi sistem ini dan semakin banyak pasukan Ukraina menyerang jauh di belakang garis Rusia.

Dilaporkan bahwa invasi Rusia telah mengakibatkan kematian ribuan warga sipil. Sementara lebih dari 3,7 juta pengungsi telah meninggalkan negara itu. Diperkirakan tambahan 6,5 juta orang Ukraina telah mengungsi dan lusinan kota di negara itu mengalami kehancuran parah.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply