Solidaritas NATO, Angkatan Udara AS Kerahkan Enam Jet Tempur F-16 ke Rumania

0

MYLESAT.COM – Menurut siaran pers US Air Forces in Europe and Air Forces Africa Public Affairs, enam jet tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Tempur Ekspedisi (EFS) ke-510 Pangkalan Udara Aviano telah tiba di Pangkalan Udara Fetesti, Rumania pada 29 April 2022.

Kehadiran enam F-16 USAF ini untuk menggantikan anggota Spangdahlem Air Skadron Tempur Ekspedisi ke-480 Pangkalan Udara Spangdahlem.

EFS ke-480 telah merampungkan rotasi tiga bulan untuk mendukung misi Enhanced Air Policing NATO di wilayah Laut Hitam.

Pesawat tempur F-16 serta personel dan peralatan pendukung dari EFS ke-480 tiba di Fetesti AB pada Februari untuk meningkatkan postur pertahanan kolektif NATO dan mendukung misi Pemolisian Udara (Air Policing) dibantu Sekutu dari Rumania, Italia, dan Inggris.

“Kehadiran F-16 AS yang berkelanjutan di wilayah tenggara memastikan kemampuan penting untuk misi Air Policing dan memperkuat kesiapan kolektif NATO,” kata Jenderal Jeff Harrigian, Komandan Angkatan Udara AS di Eropa – Angkatan Udara Afrika.

“Kemampuan kami untuk beroperasi bahu-membahu dengan Sekutu regional kami guna mendukung pertahanan kolektif dan interoperabilitas di seluruh sisi Timur,” ujarnya.

Penerbang EFS ke-510 akan melanjutkan misi EFS ke-480 dan bekerja sama dengan jet tempur Typhoon Italia yang telah menjaga langit sejak Desember 2021.

Sejak 2014, Aliansi NATO telah menerapkan langkah-langkah jaminan dengan tujuan untuk mengamankan stabilitas regional.

Langkah penting dari upaya ini adalah melalui Enhanced Air Policing yang menunjukkan solidaritas NATO dan kemampuan untuk meningkatkan misi defensif dalam menanggapi situasi keamanan yang berkembang.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply