Tutup Pendidikan AAU 2022, KSAU Minta Taruna untuk Kembangkan Soft Skill dan Terus Belajar

0

MYLESAT.COM – KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menutup pendidikan (Tupdik) Taruna Taruni Tingkat IV dan Wisuda Sarjana Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2022 dalam sebuah upacara di Gedung Sabang-Merauke di Kesatrian AAU Yogyakarta, Selasa (29/6/2022).

Sermatutar Jeremia Zophie Pramudya terpilih sebagai lulusan terbaik AAU dan berhak menerima penghargaan Adhi Makayasa. Jeremia juga meraih gelar Adhi Sakti Elektronika.

Foto bersama taruna bersama KSAU dan pejabat TNI AU sebelum upacara penutupan pendidikan Taruna Taruni Tingkat IV dan Wisuda Sarjana AAU 2022. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Sementara peraih Adhi Sakti Aeronautika adalah Sermatutar Andini Dyah Anugrahita dan peraih Adhi Sakti Teknik Manajemen Industri, Sermatutar Ivan Rizki Apriharjadi.

Pada tahun ini, AAU meluluskan 108 sarjana bergelar Sarjana Sain Terapan Pertahanan (SST.Han) dari tiga program studi (Prodi). Terdiri dari Aeronautika Pertahanan, Elektronika Pertahanan dan Teknik Manajemen Industri Pertahanan.

Kepada 108 Taruna Taruni AAU yang diwisuda, KSAU berpesan bila nanti pangkat perwira telah disematkan, saat itulah melekat kehormatan, kebanggaan dan keteladanan serta amanah yang harus dipegang teguh para perwira.

“Senantiasa jaga kehormatan diri dan landaskan setiap langkah penugasan dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa sebagai tujuan utama. Hanya dengan landasan mulia inilah, para perwira akan mampu memberikan pengabdian terbaik, tidak peduli sesulit apapun medan tugas pengabdian yang dihadapi,” pesan KSAU.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memberikan tanda kelulusan kepada seorang taruni. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Upacara Tupdik sekaligus dirangkai dengan wisuda Sarjana Taruna Tingkat IV AAU tahun 2022. Kepada para Taruna Taruni Tingkat IV AAU, Marsekal Fadjar mengingatkan agar menjaga nama baik almamater yang telah mendidik, membantu menemukan bakat serta mempertajam analisis dan memperluas cara pandang.

“Almamater telah memperkuat fisik dan mental Taruna Taruni dalam menghadapi tugas ke depan, yang tentu harus terus diasah dan ditingkatkan,” ujar KSAU.

Dalam sambutannya, KSAU mengharapkan para calon perwira untuk mengembangkan soft skill, penguasaan bahasa asing,¬†kemampuan manajerial, dan berbagai hal lainnya. “Keinginan untuk terus belajar harus ada di dalam diri kalian,” kata KSAU.

Marsekal Fadjar juga memberikan wawasan singkat tentang keberadaan Angkatan Udara sebagai domain militer paling muda. Menurut Fadjar, Angkatan Udara sejatinya lahir dari inovasi dan pemikiran yang sesuai dengan perkembangan strategi dan teknologi militer.

KSAU menyapa para taruna-taruni usai foto bersama. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Seiring hal tersebut, kemajuan angkatan udara suatu negara akan tumbuh selaras perhatian yang kuat akan inovasi dan pendidikan untuk menyiapkan generasi penerusnya.

Itulah mengapa, dalam menghadapi dinamika dan tantangan tugas ke depan, pendidikan harus senantiasa menjadi prioritas utama, khususnya di Bumi Maguwo, sebagai kawah penempaan calon pemimpin TNI AU masa depan.

Ditambahkan KSAU, TNI Angkatan Udara terus menyiapkan sumber daya manusia mumpuni agar senantiasa hadir dalam menjaga kedaulatan negara di udara. Terlebih lagi pada SDM di tingkat perwira lulusan Akademi Angkatan Udara, yang disiapkan sebagai pemimpin di masa depan.

KSAU dan Ibu Inong Fadjar Prasetyo sejenak menyapa peraih Adhi Makayasa, Sermatutar Jeremia Zophie Pramudya. Foto: beny adrian/ mylesat.com

“Kondisi tersebut harus betul-betul dipahami oleh wisudawan. Kalian lahir di tengah dinamika global yang sangat kompleks. Ancaman multidimensi telah nyata hadir di tengah kita. Termasuk berbagai disrupsi yang juga turut muncul di berbagai bidang,” ungkap KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Setelah menjalani Tupdik, Taruna Taruni AAU akan dilantik dan disumpah oleh Presiden Joko Widodo menjadi perwira dalam upacara Praspa TNI bersama Taruna Akademi TNI dan Akpol di Istana Negara pada 14 Juli 2022.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply