Di Medan, KSAU Memberikan Arahan Terkait Rencana Pemindahan Lanud Soewondo

0

MYLESAT.COM – Hari ini, Selasa (18/10/2022), KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo melakukan kunjungan kerja di Lanud Soewondo di Medan, Sumatera Utara. Kedatangan KSAU disambut jajaran Forkopimda termasuk Walikota Medan, Bobby Nasution.

Kedatangan Marsekal Fadjar Prasetyo di Lanud Soewondo merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke Wilayah Indonesia Barat. Selain Lanud Soewondo, KSAU juga akan mengunjungi Lanud Maimun Saleh di Sabang dan Lanud Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo disambut Walikota Medan, Bobby Nasution. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Tak lama setelah kedatangannya, KSAU mendapatkan laporan komando dari Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa. Kepada Marsekal Fadjar, Kolonel Reka menjabarkan kondisi dan kesiapan Lanud Soewondo dalam melaksanakan dan mendukung operasi penerbangan.

Meski sudah tidak dioperasikan secara maksimal sejak Bandara Polonia dipindahkan ke Kualanamu, TNI dan TNI AU khususnya tetap mengoperasikan Lanud Soewondo.

Setidaknya sejak Januari hingga September 2022, Lanud Soewondo sudah melayani 180 penerbangan. Untuk itu, KSAU meminta pihak Lanud untuk tetap memelihara dan menjaga kesiapannya dalam melayani operasi penerbangan.

Pemerintah sudah berencana akan memindahkan Lanud Soewondo ke kawasan Hamparan Perak. Lanud Soewondo dinilai sudah tidak lagi layak diopersikan di tengah pesatnya perkembangan Kota Medan.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memberikan arahan kepada jajaran Lanud Soewondo. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Namun demikian, KSAU tetap menegaskan bahwa pelayanan penerbangan tetap diutamakan karena menyangkut masalah safety.

“Pemindahan Lanud masih butuh waktu dan proses, sementara ini kita masih melayani penerbangan dengan tetap mengedepankan safety,” ungkap KSAU. KSAU berharap personel Lanud Soewondo tetap memelihara semua fasilitas keselamatan penerbangan yang tersedia.

Hingga saat ini, TNI AU sudah mendirikan pos pengamanan di kawasan Hamparan Perak yang kelak akan menjadi rumah baru bagi Lanud Soewondo.

Disampaikan juga bahwa Lanud Soewondo tengah mempersiapkan diri dalam menghadapi PON XXI yang akan digelar pada 13 Oktober 2024. Sumatra Utara dan Aceh didapuk sebagai tuan rumah bersama pelaksanaan pekan olah raga nasional tersebut.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memberikan arahan kepada personel Mako Wing I Kopasgat. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Setelah mendapat laporan komando dari Danlanud Soewondo, KSAU dan rombongan meninjau Kosek I. Pada kesempatan ini KSAU berkesempatan memberikan arahan langsung kepada 160 personel TNI AU yang berdinas di Kosek I.

Selanjutnya saat meninjau Mako Wing I Kopasgat, Marsekal Fadjar mendapat penjelasan kesiapan Wing I Kopasgat, yang di antaranya membawahi Yonko 469.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply