Turki Perkenalkan Prototipe Jet Tempur TF-X yang Diberi Nama Milli Muharip Ucak

0

MYLESAT.COM – Turki dilaporkan sedang dalam tahap akhir perakitan prototipe jet tempur Milli Muharip Ucak (MMU) yang digadang-gadang akan menjadi game-changing fighter.

Rabu (23/11/2022), Badan Industri Pertahanan (SSB) Turki merilis foto pertama pesawat jet tempur Turki. Turkish Aerospace ditetapkan sebagai kontraktor utama untuk proyek. Disebutkan bahwa pesawat dirancang di TAI (Turkish Aerospace Industries) dan prototipe pertama dirakit di fasilitas tersebut.

TAI telah menerima dukungan teknis dari Bae Systems. Tes lebih lanjut dan produksi serial akan dilakukan di fasilitas yang sama.

Media Turki melaporkan bahwa prototipe pertama dari pesawat tempur buatan dalam negeri pertama negara itu memasuki jalur perakitan akhir di fasilitas TAI.

Mock up MMU atau TF-X di Paris Airshow 2019.

Pesawat tempur baru tersebut diberi nama MMU (Milli Muharip Ucak, National Combat Aircraft atau Pesawat Tempur Nasional) direncanakan akan meninggalkan hanggar pada 2023. Bagian pertama produksi MMU selesai pada November 2021.

Milli Muharip Ucak direncanakan akan tetap beroperasi dalam inventaris Angkatan Udara Turki hingga tahun 2070-an dan akan dapat dioperasikan dengan aset penting lainnya seperti F-16.

Kontrak utama program desain dan pengembangan MMU antara Undersecretariat for Defense Industries (SSM) Kementerian Pertahanan Nasional Turki dan Turkish Aerospace telah ditandatangani pada 5 Agustus 2016.

Pesawat MMU akan menjadi pesawat multi-peran, dirancang terutama untuk peran udara ke udara dengan mempertimbangkan peran udara ke permukaan juga.

Ambisi Turki 

MMU (Milli Muharip Ucak) adalah nama yang disematkan kepada TAI TF-X (Turkish Fighter), sebuah pesawat tempur superioritas udara bermesin ganda dengan kemampuan siluman.

Pesawat ini dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries (TAI) dan BAE Systems sebagai sub-kontraktornya. Pesawat direncanakan untuk menggantikan F-16 Fighting Falcon Angkatan Udara Turki dan siap dijual ke negara peminat.

CEO TAI Temel Kotil menyatakan bahwa MMU atau TF-X akan diluncurkan pada 23 Maret 2023 dan melakukan penerbangan perdana pada 2025.

Media Turki melaporkan bahwa jet tempur ini akan dilengkapi dengan mesin General Electric F110 hingga Turkish Air Engine Company (TAEC) berhasil membuat mesin sendiri. GE F110 adalah mesin andal yang selama ini digunakan jet tempur F-16.

Sejumlah pabrikan raksasa menawarkan mesin untuk MMU. Seperti Rostec dari Rusia dan Eurojet dari Prancis.

Pada 14 Maret 2022, Kale & Rolls-Royce memulai kembali kemajuan pengembangan mesin untuk program TF-X, menyatakan bahwa perselisihan sebelumnya antara perusahaan telah diselesaikan dan prototipe pertama TF-X akan menggunakan mesin F110.

Ide awal pembangunan Milli Muharip Ucak merujuk kepada keputusan yang dibuat pada 15 Desember 2010 oleh Komite Eksekutif Industri Pertahanan Turki (SSIK) untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi pesawat tempur superioritas udara generasi berikutnya yang akan menggantikan armada F-16 Turki dan beroperasi dengan aset penting lainnya seperti F-35 Lightning II.

Pada tahap awal pengembangan, tiga konfigurasi pesawat potensial dijadikan patokan. Yaitu FX-1 dengan dua mesin, menyerupai konfigurasi Lockheed Martin F-22. FX-5 bermesin tunggal, menyerupai General Dynamics F-16, dan FX-6 juga bermesin tunggal dan menggunakan desain canard-delta seperti konfigurasi Saab JAS 39 Gripen.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply