Jabatan KSAU Singapura Diserahterimakan dari Mayjen Kelvin Khong ke Brigjen Kelvin Fan

0

MYLESAT.COM – Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) menyambut Brigjen Kelvin Fan Sui Siong sebagai Kepala Angkatan Udara (KSAU) yang baru dalam sebuah Parade Pergantian Komando yang diadakan di Tengah Air Base pada 22 Maret 2024. Brigjen Fan menggantikan seniornya Mayjen Kelvin Khong Boon Leong.

Sebagai bagian dari parade , Brigjen Fan mengambil alih simbol komando Angkatan Udara dari Mayjen Kelvin (48) yang memasuki masa. Dalam upacara pergantian, Mayjen Kelvin menerima jajar pasukan kehormatan dan defile pasukan yang terdiri dari para personel Angkatan Udara dari berbagai Komando RSAF.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyalami Brigjen Kelvin Fan disaksikan Mayjen Kelvin Khong (tengah) saat bertemu di Singapore Airshow beberapa waktu lalu. Foto: beny adrian/ mylesat.com 

Parade ini juga menampilkan tampilan statis pesawat RSAF dan sistem darat yang menjaga langit Singapura.

Kepala Angkatan Udara yang baru, Brigjen Fan bergabung dengan Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) pada 1998. Dia telah memegang berbagai jabatan komando dan staf senior di Kementerian Pertahanan (MINDEF) dan SAF.

Jabatan-jabatan di antaranya Komandan Skadron 163, Kepala Perencanaan Udara, Direktur Kantor Kebijakan Pertahanan, Kepala Operasi Udara, Komandan Komando Pertahanan Udara dan Operasi, Kepala Staf dari Kepala Staf Gabungan dan Wakil Sekretaris (Kebijakan).

Selama perjalanan kariernya, Brigjen Fan memimpin banyak operasi, pengembangan kemampuan, digitalisasi, dan upaya inovasi di RSAF, serta berkontribusi dalam memperluas upaya diplomasi pertahanan dengan berbagai negara.

Pada 2024, Fan memelopori kampanye Total Defence 40 dan latihan Total Defence perdana Singapura, Exercise SG Ready, untuk meningkatkan kesiapan Singapura dalam menghadapi krisis dan gangguan.

Skadron 163 yang pernah dipimpin Brigjen Fan, merupakan salah satu pusat pertahanan artileri Singapura yang berada di Lim Chu Kang Camp II SADA (Singapore Air Defense Artillery).

Lim Chu Kang Camp II terletak di Lim Chu Kang di bagian barat laut utara Singapura. Kamp ini dioperasikan oleh Angkatan Udara Singapura dan terletak di Jalan Lim Chu Kang di seberang Pemakaman Choa Chu Kang.

Kamp ini menampung elemen-elemen dari Skadron Artileri Pertahanan Udara Singapura 163 (Pertahanan udara ketinggian menengah) dan Skadron 160.

Komandan CAF yang segera pensiun, Mayjen Khong, telah memimpin RSAF sejak Maret 2019 dan menunjukkan kinerja yang sangat baik. Di bawah kepemimpinannya, RSAF mencapai kemampuan operasional penuh untuk pesawat Angkut Tanker Multi-Role A330, sistem Pertahanan Udara Berbasis Darat Aster 30, dan akuisisi pesawat tempur F-35 untuk meningkatkan keunggulan operasional RSAF.

Kelvin juga memimpin RSAF selama pandemi Covid-19, memastikan RSAF mempertahankan tingkat kesiapan operasional yang tinggi sembari mendukung perjuangan nasional melawan pandemi.

Di bawah kepemimpinannya, RSAF berhasil melakukan beberapa misi Bantuan Kemanusiaan dan Bantuan Bencana, seperti pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza, operasi pengangkutan udara pengungsi Afghanistan serta operasi penanggulangan kebakaran hutan dan banjir di Australia.

Mayjen Kelvin juga memprakarsai upaya pengembangan sumber daya manusia RSAF untuk membekali para personel RSAF agar siap menghadapi masa depan.

Pergantian komando ini merupakan bagian dari proses pembaruan kepemimpinan SAF. Parade Pergantian Komando disaksikan oleh Kepala Pasukan Pertahanan, Laksdya Aaron Beng dan dihadiri perwira senior MINDEF dan SAF serta para personel RSAF.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply