Presiden Jokowi Serahkan Jabatan KSAU kepada Marsdya Tonny “Racoon” Harjono untuk Gantikan Marsekal Fadjar Prasetyo

0

MYLESAT.COM – Hari ini terjawab sudah pertanyaan publik tentang siapa perwira tinggi TNI AU yang akan menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Marsekal Fadjar akan pensiun para 9 April 2024 yang bertepatan dengan HUT TNI AU ke-78.

“Keppres ini mulai berlaku sejak saat pelantikan yang rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat,” kata Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana, Selasa (2/4/2024).

Presiden Joko Widodo telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) pada 25 Maret 2024 terkait penunjukan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU baru pengganti Marsekal Fadjar Prasetyo. Dalam Keppres itu sekaligus memberhentikan dengan hormat Marsekal Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU.

“Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU baru,” ujar Ari.

Dalam dua jabatan terakhirnya, Marsdya Tonny Harjono memiliki track record yang sama dengan Marsekal Fadjar Prasetyo. Marsdya Tonny menggantikan Marsekal Fadjar sebagai Komandan Lanud Halim Perdanakusuma pada 2018.

Meski tidak langsung menerima tongkat komando dari Fadjar, namun Tonny kemudian juga dipercaya menjadi Panglima Kogabwilhan II. Marsekal Fadjar Prasetyo menjadi Panglima Kogabwilhan II pertama setelah Kotama TNI ini diresmikan tahun 2019.

Keduanya juga sama-sama tercatat sebagai keluarga besar Thunder Family, yaitu callsign untuk penerbang di Skadron Udara 11. Seperti diketahui, Fadjar menjadi penerbang A-4 Skyhawk di Skadron 11 dengan callsign “Bobcat”. Adapun Tonny menjadi penerbang Su-27/30 Flanker di Skadron yang sama dengan callsign “Racoon”.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply