Penjaga Pantai Jepang Pesan 3 Lagi Helikopter Airbus H225 Sehingga Total Armada 18 Super Puma

0

MYLESAT.COM – Pasukan Penjaga Pantai Jepang (JCG, Japan Coast Guard) telah melakukan pemesanan tambahan untuk tiga helikopter angkut H225. Tambahan ini menjadikan total armada H225 yang dimiliki JCG menjadi 18 unit.

Operator Super Puma terbesar di Jepang ini menerima tiga H225 pada Desember 2023 dan satu lagi pada Februari 2024. Helikopter baru ini akan mendukung kegiatan teritorial pesisir, penegakan hukum maritim serta misi bantuan bencana.

Seperti diberitakan Kamis (11/04/2024), armada H225 JCG dilindungi oleh dukungan material HCare Smart yang sangat adaptif dari Airbus. Program ketersediaan armada yang disesuaikan ini memungkinkan badan penjaga pantai nasional untuk fokus pada operasi penerbangan sementara Airbus mengelola asetnya.

Saat ini 24 helikopter H225 diterbangkan di Jepang oleh Kementerian Pertahanan atau operator parapublik untuk berbagai misi pencarian dan penyelamatan, VIP, pemadam kebakaran, serta transportasi penumpang dan barang.

“Pasukan Penjaga Pantai Jepang telah menjadi operator aktif helikopter keluarga Super Puma selama tiga dekade. Pesanan lanjutan ini menunjukkan kepercayaan terhadap produk kami dan dukungan khusus untuk armada mereka. Kami percaya H225 adalah pilihan yang tepat untuk misi penting JCG dalam penegakan hukum,” kata Jean-Luc Alfonsi, Managing Director Airbus Helicopters di Jepang.

Airbus H225 (sebelumnya Eurocopter EC225 Super Puma) adalah helikopter angkut penumpang jarak jauh yang dikembangkan Eurocopter (Airbus) sebagai generasi penerus keluarga Super Puma sipil. Sebagai tambahan terbaru dari keluarga Super Puma, H225 dikenal karena kinerjanya yang tinggi dalam kondisi menantang serta jangkauan dan kapasitas muatannya yang luar biasa.

H225 telah diuntungkan oleh kebijakan peningkatan berkelanjutan dari Airbus Helicopters. Sekarang ini dilengkapi dengan avionik baru termasuk layar terbesar yang tersedia di pasar dan antarmuka inovatif yang dikombinasikan dengan autopilot untuk mengurangi beban kerja pilot dan memungkinkan mereka fokus pada misi.

Konfigurasi SAR memungkinkan ruang untuk peralatan pencarian dan penyelamatan dengan kursi operator, kursi pengangkat hingga delapan kursi penyelamat dan tiga tandu.

H225 didasarkan pada Eurocopter AS332L2 Super Puma yang disempurnakan dengan rotor utama lima bilah yang menggabungkan bentuk airfoil baru untuk mengurangi tingkat getaran dan kebisingan. Menawarkan jangkauan, kecepatan, muatan, dan keandalan terbaik di industri ini dengan mesin ganda berbobot 11 ton.

Helikopter ini ditenagai oleh dua mesin turboshaft Turbomeca Makila 2A1 yang dipasang di atas kabin. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 14 persen lebih besar dan dilengkapi sistem kendali mesin digital otoritas penuh (FADEC) dual-channel.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply