Nggak Ada Matinye, Argentina Beli Pesawat Basler BT-67 Beserta Logistiknya untuk Operasi di Antartika

0

MYLESAT.COM – Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui kemungkinan Penjualan Militer Asing (FMS) kepada Pemerintah Argentina atas pesawat Basler BT-67 beserta elemen logistik dan dukungan program. Penjualan ini diperkirakan sebesar 14,3 juta dolar AS.

Sebelumnya, Pemerintah Argentina meminta untuk membeli pesawat Basler BT-67 beserta mesin cadangan, suku cadang dan suku cadang perbaikan, suku cadang habis pakai, aksesori, dan layanan perbaikan dan pengembalian, modifikasi besar dan dukungan pemeliharaan, pesawat serta peralatan dan dukungan penanganan di darat, publikasi yang tidak diklasifikasikan dan dokumentasi teknis, dan sebagainya dengan total 143 juta dolar.

Penjualan ini akan meningkatkan kemampuan Argentina untuk menghadapi ancaman saat ini dan di masa depan, dengan menyediakan kapasitas tambahan untuk operasi penerjunan dan pengangkutan udara untuk melayani Antartika selama musim dingin. Hal ini akan mengurangi beban pada aset pengangkutan udara lainnya di Argentina.

Kontraktor utama adalah Basler Turbo Conversions yang berlokasi di Oshkosh, WI. Tidak akan ada dampak buruk terhadap kesiapan pertahanan AS sebagai akibat dari penjualan yang diusulkan ini.

Basler BT-67 adalah pesawat utilitas yang diproduksi Basler Turbo Conversions dari Oshkosh, Wisconsin. Pesawat ini basisnya adalah Douglas C-47 (DC-3) yang diproduksi ulang dan dimodifikasi. Paket modifikasi dirancang untuk memperpanjang masa pakai DC-3 secara signifikan.

Basler Turbo Conversions didirikan tahun 1990 dan hanya berfokus pada konversi badan pesawat C-47 yang sudah ada menjadi BT-67. Basler mengonfigurasi setiap rakitan baru sesuai spesifikasi yang diminta klien. Industri yang dilayani termasuk kargo, militer, penyemaian awan, dan penelitian ilmiah.

Konversi ini mencakup pemasangan badan pesawat dengan mesin turboprop Pratt & Whitney Canada PT6A-67R yang baru, pemanjangan badan, penguatan badan, peningkatan avionik, dan modifikasi pada ujung depan dan ujung sayap.

Modernisasi BT-67 mencakup perombakan badan pesawat secara menyeluruh, perbaikan aerodinamis, modifikasi struktural yang menambah kekuatan dan meningkatkan kinerja, dan sistem baru yang meningkatkan keandalan.

Pesawat ini merupakan platform yang sangat mumpuni dan dapat di-upgrade untuk memenuhi kebutuhan misi militer. Beberapa konfigurasi kursi termasuk stasiun FLIR dengan On Board Oxygen Generating Systems (OBOGS). Perubahan konfigurasi cepat dan mudah, memberikan fleksibilitas maksimum bagi pengguna.

Basler BT-67 memiliki versi gunship yang digunakan Angkatan Udara Kolombia pada 2017. Gunship Kolombia dilengkapi inframerah (FLIR), memungkinkan pesawat melakukan misi di malam hari. Basler menyediakan tangki bahan bakar jarak jauh yang meningkatkan jangkauan pesawat hingga 2.140 nmi (3.960 km).

Benar kan, ini pesawat nggak ada matinye….

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply