Hankam

Situasi Memanas, Kapal Induk Jepang Makin Banyak

Japanese Maritime Self-Defense Force (JMSDF) meresmikan kapal induk pengangkut helikopter kedua dari kelas Izumo, yang diberi nama JS Kaga (DDH 184) dalam sebuah upacara di galangan kapal Japan Marine United (JMU) di Yokohama (22/3).

Kapal pertama, JS Izumo (DDH 183), berlabuh di dekat Kaga pada saat upacara. Dibangun oleh JMU dan diluncurkan Agustus 2015, Kaga memiliki panjang 248 meter dengan beam 38 meter, memiliki berat 24.000 ton pada saat full load.

Ditenagai empat gas turbin GE LM2500, kelas Izumo ini mampu mencapai kecepatan 30 knot, dan diawaki oleh 520 personel. Kedua kapal kelas Izumo ini menjadi kapal terbesar yang digunakan militer Jepang sejak Perang Dunia II.

Kaga dibekali senjata bela diri jarak pendek seperti dua rudal Raytheon Sea RAM dan dua kanon multilaras Vulcan Phalanx kaliber 20mm.

Kaga merupakan kapal pertama di JMSDF menggunakan nama tersebut sejak kapal induk Jepang yang terlibat dalam serangan di Pearl Harbor itu tenggelam dalam Battle of Midway.

JMSDF masih mempunyai dua kapal pengangkut helikopter lebih kecil dengan bobot 18.000 ton, yaitu kelas Hyuga. Lebih kecil lagi adalah kapal pendarat kelas Osumi 14.000 ton.

Semua kapal ini berdesain dek rata (flat-tops) layaknya kapal induk, hanya saja untuk Osumi tidak mempunyai fasilitas hangar.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close